PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KEMAMPUAN SPASIAL DASAR, DAN KEMAMPUAN SPASIAL LANJUTAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGGAMBAR MENGGUNAKAN CAD SISWA TGB SMKN 1

MOCHAMMAD SUNAN FIRDAUS

Abstract


Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada siswa kelas XII TGB SMKN 1 Kediri secara akademik prestasi belajar dapat dikategorikan cukup baik yaitu nilai rata – rata sebesar 78. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dua faktor yang diprediksi memiliki pengaruh dalam peningkatan kemampuan menggambar siswa adalah bakat (kemampuan spasial) dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  motivasi belajar, kemampuan spasial dasar, dan kemampuan spasial lanjutan  terhadap kemampuan siswa dalam menggambar menggunakan CAD.


Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah  ex post facto dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMKN 1 Kediri. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII TGB 2 SMKN 1 Kediri yang berjumlah 26 responden. Penelitian ini menggunakan dua macam variabel yaitu: 1) variabel bebas: motivasi belajar (X1), kemampuan spasial dasar (X2), kemampuan spasial lanjutan (X3) , 2) variabel terikat: kemampuan menggambar siswa menggunakan CAD siswa (Y). Pengumpulan data untuk variabel motivasi belajar menggunakan metode angket dengan skala Likert. Pengumpulan data untuk variabel kemampuan spasial dasar, kemampuan spasial lanjutan, dan kemampuan menggambar menggunakan metode tes. Analisis data untuk uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan untuk mengetahui besarnya persentase derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y digunakan koefisien determinasi.


 Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara motivasi belajar dan kemampuan menggambar siswa menggunakan CAD terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan uji ANOVA atau F test menggunakan program IBM SPSS Statistics 18 didapat tingkat signifikansi 0,21, dengan nilai statistik hitung > statistik tabel (2,472 > 2,074). Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara kemampuan spasial dasar dan kemampuan menggambar siswa menggunakan CAD tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan uji ANOVA atau F test menggunakan program IBM SPSS Statistics 18 didapat tingkat signifikansi 0,094, dengan nilai statistik hitung < statistik tabel (1,742 < 2,074). Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara kemampuan spasial lanjutan dan kemampuan menggambar siswa menggunakan CAD tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan uji ANOVA atau F test menggunakan program IBM SPSS Statistics 18 didapat tingkat signifikansi 0,278, dengan nilai statistik hitung < statistik tabel (1,110 < 2,074)


Kata kunci: Motivasi belajar, kemampuan spasial dasar, kemampuan spasial lanjutan, kemampuan menggambar siswa menggunakan CAD.


Based on the observations  students of class XII SMK 1 Kediri TGB academically learning achievement can be categorized enough good that is value - average of 78. This is of course influenced by several factors. Two factors are predicted to have an effect in improving students' ability to draw is the talent (spatial ability) and motivation to learn. This research aim to find the effect of learning motivation, basic spatial relations, and advanced spatial relations of the student skills in drawing using CAD.


The method used in this research is ex post facto with an approach quantitative research. The research was done in SMK 1 Kediri. The subjects of this research were students of class XII SMK 1 TGB 2 Kediri, amounting to as many as 26 respondents. This research uses two kinds of variables: 1) independent variables: learning motivation (X1), the basic spatial relations (X2), advanced spatial relations (X3), 2) the dependent variable: student skills of drawing using CAD  (Y). The collection of data for the variable learning motivation using a questionnaire with Likert scale. The collection of data for variable spatial relations, advanced spatial relations, and student skills of drawing using the test method. Analysis of the data to test the hypothesis using a simple linear regression analysis and to find out the percentage of the degree of influence of variable X to variable Y used the coefficient of determination.


The results showed that between learning motivation and the student skills of drawing using CAD there are a positive and significant influence. It can be seen by ANOVA or F test using IBM SPSS Statistics 18 program gained a significance level of 0,21, with a value of statistics count > statistics table (2,472> 2,074). The results showed that between basic spatial reliations and student skills of drawing using CAD there are no a positive and significant influence. It can be seen by ANOVA or F test using IBM SPSS Statistics 18 program gained a significance level of 0,094, the statistics count < statistics table (1,742 < 2,074). The results showed that between the advanced spatial reliations and student skills of drawing using CAD are no a positive and significant influence. It can be seen by ANOVA or F test using IBM SPSS Statistics 18 program gained a significance level of 0,278, the statistics count < statistics table (1,110 < 2,074)


Keywords: Learning Motivation, Basic Spatial Relations, Advance Spatial Relations, student skills of drawing using CAD.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.