PENERAPAN MEDIA AUTOCAD 3D PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TGB SMK NEGERI 1 SIDOARJO

FIVIT ANGGRAINI

Abstract


Berdasarkan hasil observasi lapangan di SMK Negeri 1 Sidoarjo Jurusan Teknik Gambar Bangunan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) khususnya pada mata pelajaran gambar kosntruksi bangunan masih berpusat pada guru dan menggunakan media pembelajaran Microsoft Power Point  dengan ditampilkannya gambar 2 dimensi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan media Autocad 3D pada mata pelajaran gambar konstruksi bangunan, mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media Autocad 3D pada mata pelajaran gambar konstruksi bangunan, dan mengetahui respon siswa selama proses pembelajaran menggunakan media Autocad 3D pada mata pelajaran gambar kontruksi bangunan.


Jenis eksperimen yang digunakan adalah penelitihan dan pengembangan (Research and Development) yang terdiri dari enam tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk validasi desain, revisi desain, uji coba produk, analisis dan pelaporan. Pada uji coba produk dilakukan dengan desain penelitian True Experimentl Design dengan metode penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun ajaran 2015/2016 di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI TGB 1 30 siswa dan XI TGB 2 30 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi perangkat dan media pembelajaran, penilaian hasil belajar yang mengacu pada aspek kognitif dan psikomotorik, dan angket respon siswa.


Kelayakan media pembelajaran Autocad 3D dari semua aspek mendapatkan prosentasi sebesar  78,5% dengan kualitatif valid. Hasil belajar siswa kelas eksperimen (XI TGB 1) dengan media pembelajaran Autocad 3D mendapatakan nilai rata-rata 81,25 dan dari 30 siswa yang mengikuti pembelajaran dinyatakan lulus 100%. Sedangkan hasil belajar siswa kelas control (XI TGB 2) dengan model pembelajaran konvensonal mendapatkan nilai rata-rata 75,83 dan dari 30 siswa yang mengikuti pembelajaran 2 siswa dinyatakan tidak lulus. Respon siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan media Autocad 3D yaitu sebesar 83,23% dengan kualitatif sangat baik.


Kata Kunci: Autocad 3D, hasil belajar siswa, respon siswa.


Based on the results of field observations in SMK Negeri 1 Sidoarjo Department of  Architecture Engineering implementing learning activities (KBM), especially on the objects of building construction drawings is still centered on the teacher and using instructional media Microsoft Power Point by displaying two-dimensional images. The aim of this study was to determine the feasibility of  media Autocad 3D on the subjects of building construction drawing, find out the results of student learning by using media Autocad 3D on the subjects of building construction drawing, and evaluate the student response of the during the learning process using the media Autocad 3D on subjects building construction drawing,


Types of experiments used is Research and Development, which consists of six stages, namely the potential and problems, data collection, product design, design validation, design revision, product testing, analysis and reporting. On product testing conducted by the research design True Experimentl Design research method pretest-posttest control group design. This research was conducted in odd semester of academic year 2015/2016 in SMK Negeri 1 Sidoarjo. The population in this study were all class XI Drawing Engineering Department, samples in this study is  XI TGB 1 class wich have 30 student and XI TGB 2 class wich have 30 students. The research instrument consists of a sheet of validation devices and media learning, assessment of learning outcomes which refers to the cognitive and psychomotor, and the student questionnaire responses.


Feasibility study media Autocad 3D of all aspects of getting a percentage of 78.5% with qualitative valid. Student learning outcomes of experimental class (XI TGB 1) with study media Autocad 3D obtain an average value of 81,25 and of the 30 students who take lessons passed 100%. While the results of student learning of control class (XI TGB 2) with convensional learning models to get the average value of 75,83 and of the 30 students who take lessons 2 students did not pass. Student responses to the learning process using media  Autocad 3D that is equal to 83.23% with qualitative very good.


Keywords: Autocad 3D, student learning outcomes, student responses.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.