PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PADA STANDAR KOMPETENSI MENGGAMBAR RUMAH TIPE 40 DENGAN PERANGKAT LUNAK SISWA KELAS XI  TGB SMK NEGERI 1 SIDOARJO

QORRI AINA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran explicit instruction menggunakan media video tutorial pada standar kompetensi menggambar rumah tipe 40 dengan perangkat lunak siswa kelas XI  TGB SMK Negeri 1 Sidoarjo.


Jenis penelitian ini adalah True Eksperimen Design dengan model “Posttest-Only Control Design”. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Sutudi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Sidoarjo, dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI TGB 1 30 orang dan XI TGB 2 30 orang. Teknik analisis data untuk perangkat pembelajaran dan media pembelajaran dianalisis secara deskriptif sedangkan analisis hasil belajar siswa dilakukan dengan uji homogenitas, dan uji-t.


Hasil validasi perangkat pembelajaran dan media pembelajaran yang telah dibuat dinyatakan layak untuk diterapkan. Hasil belajar siswa kelas eksperimen (XI TGB 1) dengan menerapkan model pembelajaran explicit instruction dan video tutorial mendapatkan nilai rata-rata 81,6 dari 30 siswa yang dinyatakan tuntas 100% sedangkan hasil belajar siswa kelas kontrol (XI TGB 2)  dengan model pembelajaran konvensional mendapatkan nilai rata-rata 75,17 dari 30 siswa yang mengikuti pembelajaran 6 siswa dinyatakan perlu perbaikan. Hasil uji-t diketahui t hitung 3,028 sedangkan t tabel 2,002 dengan demikian thitung > ttabel sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, hal ini berarti hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran explicit instruction berbeda signifikan dengan siswa yang menerapkan model pembelaran konvensional.


Kata kunci : Explicit instruction, konvensional, video tutorial.


This research is aimed to know the implementation of explicit instruction learning model by using video tutorial media on competence on drawing house type 40 with software lesson XI TGB grade students of SMK Negeri 1 Sidoarjo.


The type of this research is true eksperimen design with “Posttest-Only Control Design”. This research was conducted in the first semester in 2016/2016 academic year in SMK Negeri 1 Sidoarjo. The population in this research was all students of XI TGB grade in SMK Negeri 1 Sidoarjo, whereas the sample of research was XI TGB 1 30 students and XI TGB 2 30 students. Data analysis technique for learning devices validated analyzed by descriptive analysis white students learning outcomes done by homogeneity test and t-test.


The result of validation of the entire study and learning media had been made and proper to be implemented. Students learning outcomes of experimental class (XI TGB 1) by implemented explicit instruction and tutorial video learning model obtain an average value of 81,6, from 30 students who take the lesson passed 100%. While the result of students learning of control class (XI TGB 2) by conventional learning models obtain an average value 75,17 from 30 students who take the lesson, 8 students did not pass. The result of t-test are known t value of 3,028 whereas t table was 2,002. Therefore t value > t table so H1 accepted and HO refused. It means students learning outcomes that implemented explicit instruction learning model has significant differences compared with student learning outcomes that implement conventional learning model.


Keyword : Explicit instruction, conventional, video tutorial.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.