PENGARUH UJIAN NASIONAL (NUN) DAN NILAI SEKOLAH (NS) MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TGB PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

INA WAHYUNIA

Abstract


Pendaftaran siswa baru di SMK Negeri 3 Surabaya menggunakan Nilai Ujian Nasional (NUN) dan Nilai Sekolah (NS) sebagai pertimbangan. Siswa dengan pendaftaran jalur tes memiliki hasil belajar yang meningkat pada mata pelajaran Mekanika Teknik dibandingkan siswa dengan pendaftaran jalur NUN. Mengingat Ujian Nasional sampai saat ini masih mengalami pro dan  kontra. Jadi masyarakat menganggap NUN bukan hasil murni siswa. Pelajaran matematika di SMP bisa menjadi bekal siswa mempelajari mekanika teknik di SMK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara NUN dan NS mata pelajaran Matematika SMP terhadap nilai Rapor mata pelajaran Mekanika Teknik kelas X TGB di SMK Negeri 3 Surabaya. Penelitian ini bermanfaat untuk membantu pihak sekolah menentukan kriteria dalam sistem penerimaan siswa baru.


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X TGB yang berjumlah 108 siswa. Pengumpulan data NUN, NS, Rapor SMP dan Rapor SMK menggunakan metode dokumentasi. Penelitian ini mengambil 30 siswa secara acak dan data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis korelasi dan regresi.


Hasil analisis korelasi adalah r = 0.457 dengan signifikansi pada taraf  kesalahan 5%, didapat r tabel sebesar 0.361 maka (r hitung = 0.457 > r tabel = 0.361) tergolong korelasi sedang. Hasil analisis regresi yang diperoleh menunjukkan ada pengaruh antara NUN matematika terhadap prestasi belajar mekanika teknik adalah sebesar 16%, dan pengaruh antara NS matematika terhadap prestasi belajar mekanika teknik adalah sebesar 5.95%. Sedangkan pengaruh NUN dan NS matematika terhadap prestasi belajar mekanika teknik adalah sebesar 20.88%. Jadi kesimpulannya ada hubungan positif dan signifikan antara NUN dan NS mata pelajaran Matematika SMP dengan nilai rapor mata pelajaran Mekanika Teknik SMK. Besarnya nilai rapor mata pelajaran Mekanika Teknik SMK dipengaruhi oleh NUN dan NS matematika SMP.


Kata Kunci: Nilai Ujian Nasional (NUN), Nilai Sekolah (NS), Hasil Belajar, Mekanika Teknik.


SMKN 3 Surabaya used national test scores and school grade scores as consideration for new student registration. The students with test track registration has good improvement engineering mechanics learning than national test scores track registration. Remember that until now the national test scores still have pros and cons. So, public society considers that national test scores not student’s real scores. Math lesson in Junior High School can be supplies students to learn engineering mechanics in Vocational School. This research aims to know the relation between national test scores and school grade scores of math lesson to grade of engineering mechanics in class X TGB SMKN 3 Surabaya.This research is useful to help school staff to define the criteria of new student admission.


This research was a descriptive study and the subject is all of the students which amount to 180 in class X TGB. This research used documentation methods to collect national math test scores data, school math grade scores data, math grade data in Junior High School and engineering mechanics grade data in Vocational School. This research take 30 students with random sampling, the data were analyzed with correlation analysis and regression analysis.   


The result of correlation analysis is r count are 0.457 with significance at 5% of the errors level obtained r table are 0.361. So, (r count = 0.475 > r table = 0.361) its classified as moderate correlation.The result of regression analysis obtained shows that there is influence between national math test scores to learning achievement of engineering mechanics are 16%, and the influence between school math grade scores to learning achievement of engineering mechanics are 5.95%. While influence of national math test scores and school math grade scores to learning achievement of engineering mechanics are 20.88%. So, there is a positive relation and significance between national math test scores and school math grade scores in Junior High School to engineering mechanics grade scores in Vocational School. The value of engineering mechanics grade scores influenced by national math test scores and school math grade scores.


Keywords: National Test Scores, School Grade Scores, Learning Outcomes, Engineering Mechanics.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.