PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DISERTAI CD INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (SMKN 2 SURABAYA)

ENDIK SETIAWAN

Abstract


Dalam suatu proses pembelajaran, dua unsur yang sangat penting adalah model pembelajaran dan media pembelajaran. Kedua aspek ini akan saling berkaitan dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang interaktif untuk proses pembelajaran adalah project based learning. Project based learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam merancang tujuan pembelajaran untuk menghasilkan produk atau proyek yang nyata. Dan salah satu aspek terpenting dalam keberhasilan proses pembelajaran adalah media pembelajaran. Penggunaan media tidak lain adalah untuk mengurangi verbalisme agar anak didik mudah memahami bahan pelajaran yang disajikan, media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah CD interaktif.


Penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) untuk mengembangkan CD interaktif. Untuk uji coba produk menggunakan model pretest-posttest control group design. Sampel penelitian diambil pada Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Surabaya. Pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan model pembelajaran project based learning sedangkan pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran project based learning disertai CD interaktif.


Dalam penelitian ini hasil belajar siswa diharapankan dapat melebihi nilai KKM yaitu sebesar 75. Hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran project based learning didapat nilai rata-rata kelas sebesar 79,29 berbeda dengan rata-rata untuk kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran project based learning disertai media pembelajaran CD interaktif didapat nilai rata-rata kelas sebesar 83,30. Analisis uji-t mendapat nilai thitung = 2,431 sedangkan ttabel = 2,001, dengan demikian thitung > ttabel sehingga prioritas H1 diterima dan H0 ditolak, hal ini berarti hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran project based learning disertai media pembelajaran CD interaktif berbeda signifikan dengan hasil belajar siswa yang hanya model pembelajaran project based learning.


Kata Kunci: CD Interaktif, model project based learning, menggambar dengan perangkat lunak.


There are two important elements in a learning process; those are learning model and instructional media. Both of aspects must be related one to another in order to create the successfulness of the learning process. One of interactive learning model in learning process is project-based learning. Project-based learning is an instructional model in which the students are enganged in teaching learning process actively by designing the learning objectives in order to produce a product or a real project. One of the most important aspects in the learning process successful is the learning media. The use of media is to decrease the verbalism so the students comprehend the lesson given easily. The instructional media which was study used in this study is an interactive CD.


The kind of this research is a Research and Development (R&D) to develop the interactive CD. For testing the products, this study used a model of pretest-posttest control group design. The samples were taken at the Skill Competency Architecture Engineering at SMK Negeri 2 Surabaya. The control group was treated by implementing the project-based learning model, in other hand the experimental class was treated by implementing the project-based learning model with interactive CD.


In this study, the student learning results are expected to exceed the KKM, that is 75. The average value of the control class which used the project-based learning model learning is about 79.29 of class average value. The results is different from the average value of the experimental class which used the project based learning with interactive CD, the average value of this class is 83.30. Based on T-test analysis, t-value is 2.431, while t-table = 2.001, as the result t-value > t-table. Therefore, H1 priority is accepted and H0 is rejected. It means that the results of students who used the project-based learning with interactive CD are different significantly from the results of students who only used the project-based learning without interactve CD.


Keywords: CD interactive, project-based learning model, drawing with the software.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.