PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATERI ILMU BANGUNAN SISWA KELAS X TGB DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

R HERMAWAN WISNU P

Abstract


Permasalahan yang ada di SMKN 3 Surabaya adalah pembelajaran masih berjalan konvensional yaitu proses pembelajarannya masih berpusat pada guru. Penelitian ini akan melaksanakan penerapan metode pembelajaran aktif tipe Index Card Match (ICM) yaitu metode pembelajaran dengan metode mencocokkan kartu indeks yang. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah kelayakan perangkat pembelajaran pelaksanaan pembelajaran ICM, dan hasil belajar setelah menerapkan metode pembelajaran aktif ICM. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang kelayakan perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran aktif Index Card Match.


Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TGB yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan angket. Pada penelitian ini instrumen yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran, dan lembar soal post test. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menganalisa kelayakan perangkat pembelajaran, keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar yang dinyatakan dalam presentase, dan menguji hipotesis dengan uji-t pihak kiri.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan perangkat pembelajaran mendapat rata-rata rating sebesar 81,44%, termasuk dalam kategori sangat layak digunakan. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran aktif tipe Index Card Match mendapat rata-rata total sebesar 82,25%, termasuk ke dalam kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa memperoleh rata-rata total sebesar 80,13%, dengan thitung sebesar 1,775. Nilai ttabel sebesar 1,697, dengan derajat kebebasan sebesar 5% (0,05), maka H0 diterima dan Ha ditolak. Disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran Index Card Match layak untuk diterapkan dalam pembelajaran di SMK.


Kata Kunci: Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match, kelayakan perangkat pembelajaran, hasil belajar siswa.


The problems that exist in SMK 3 Surabaya is still running conventional teaching learning process is centered on the teacher. While the tendency of current learning is learning that focuses on student involvement because essentially active student learning. This study will carry out the implementation of the type of active learning methods Index Card Match (ICM) is a learning method with an index card matching method that requires student activity in learning. Formulation of the problem are taken in this research is the feasibility of the implementation of learning ICM learning and learning outcomes after applying active learning methods ICM. The aim of this study was to obtain a description of the feasibility study, the implementation of learning, and student learning outcomes after application of active learning model Index Card Match.


This research method is quantitative descriptive. The subjects were all students of class X TGB totaling 32 students. Data collection techniques in this research using observation, testing, and questionnaires. In this research, the instrument used is a learning device validation sheets, observation sheets implementation of learning and post-test booklet. While data analysis is done by analyzing the feasibility study, feasibility study, and the study results are expressed in percentages, and test hypothesis by the left side t-test.


The research result showed that the feasibility study got an average rating of 81.44%, including in the category of extremely fit for use. Implementation of learning to use Index Card Match active learning methods on average receive a total of 82.25% fall into the excellent category. While the learning outcomes of students gained an average total of 80.13%, with t calculate equal to 1,775. t table amounted to 1.697 with degrees of freedom equal to 5% (0.05), then to H0 accepted and Ha rejected. It was concluded that the Learning Method Index Card Match feasible to apply the learning in SMK.


Key words: Index Card Match active learning type, the feasibility study, student learning outcomes.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.