PENGARUH KECERDASAN SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK MENGGAMBAR CAD PADA SISWA KELAS XI TGB SMKN 1 NGANJUK

VADZAR DEFTANANDA NURDYANTO

Abstract


Kemampuan spasial merupakan kemampuan khusus yang berhubungan dengan menggambar, sehingga kemampuan spasial mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami dan memvisualisasikan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan spasial siswa terhadap hasil belajar psikomotorik mengambar CAD yang meliputi: (a) kemampuan menggambar denah rumah tinggal sederhana, (b) kemampuan menggambar rencana pondasi rumah tinggal sederhana, (c) kemampuan menggambar rencana atap rumah tinggal sederhana, (d) kemampuan menggambar CAD pada  siswa kelas XI TGB SMK Negeri 1 Nganjuk.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional, yaitu suatu penelitian untuk mengetahui hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih tanpa ada upaya untuk mempengaruhi variabel tersebut sehingga tidak terdapat manipulasi variabel. Variabel terikat pada penelitian ini adalah nilai kecerdasan spasial siswa, sedangkan variabel bebas menggunakan nilai psikomotorik siswa dalam materi menggambar rumah tinggal sederhana yang meliputi (a) menggambar denah rumah tinggal sederhana, (b) menggambar rencana pondasi, (c) menggambar rencana atap, dan (d) kemampuan menggambar CAD. Hasil dalam penelitian ini adalah kemampuan spasial siswa dan juga pengaruh kemampuan spasial siswa terhadap kemampuan psikomotorik siswa menggambar rumah tinggal sederhana menggunakan program CAD. Pengambilan kesimpulan pengaruh kemampuan spasial siswa terhadap kemampuan psikomotorik menggambar rumah tinggal sederhana siswa diukur dengan SPSS 22, menggunakan analisis regresi sederhana.

Berdasarkan hasil dari analisis regresi sederhana, didapatkan hasil koefisien determinasi antara kecerdasan spasial siswa terhadap, (a) kemampuan psikomotorik  siswa menggambar denah rumah tinggal sederhana sebesar 79,0%, (b)  kemampuan psikomotorik  siswa menggambar rencana pondasi rumah tinggal sederhana sebesar 25,9%, (c) kemampuan psikomotorik  siswa menggambar rencana atap rumah tinggal sederhana sebesar 7,30%, (d) kemampuan psikomotorik  siswa menggambar CAD sebesar 63,6%. Artinya kecerdasan spasial siswa memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan pikomotorik menggambar CAD.

Kata kunci : Kecerdasan spasial , Psikomotorik, Menggambar CAD.

Abstract

Spatial abilities are special abilities that relate to drawing, so that spatial abilities affect students' ability to understand and visualize the image. This study aims to determine the effect of spatial ability of students to the learning outcomes of psychomotor drawing CAD which include: (a) the ability to draw house plans to stay put, (b) the ability to draw a plan of the foundation of the house lived a simple, (c) the ability to draw the plans roofs of residential houses is simple, (d) the ability to draw CAD in class XI student of SMK Negeri 1 Nganjuk TGB.

This research is quantitative descriptive research. The method used is correlational, is a study to determine the relationship and the level of relationship between two or more variables without any attempt to influence these variables so that there is no manipulation of variables. The dependent variable in this study is the value of spatial intelligence of students, while the independent variable using the value of psychomotor students in the material drawing dwelling house simple covering (a) drawing house plans to stay put, (b) to draw the plans of the foundation, (c) drawing plans roofs, and (d) the ability to draw CAD. The results of this research are spatial ability of students and also influence spatial ability of students to the psychomotor abilities of students to draw a simple dwelling house using a CAD program. Conclusions influence spatial ability of students to the psychomotor abilities of students to draw a simple dwelling house measured by SPSS 22, using simple regression analysis.

Based on the results of a simple regression analysis, obtained the coefficient of determination between students' spatial intelligence, (a) the psychomotor abilities of students to draw a simple floor plan to stay at 79.0%, (b) psychomotor abilities of students to draw a simple plan to stay home foundations of 25.9 %, (c) psychomotor abilities of students to draw a simple plan of roofs of residential houses amounted to 7.30%, (d) the ability to draw students psychomotor CAD amounted to 63.6%. This means that the spatial intelligence of students have a positive influence on the ability pikomotorik CAD drawing.

Keywords: Spatial intelligence, Psychomotor, CAD Drawing.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.