PENERAPAN PERPADUAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN STRATEGI GUIDED NOTE TAKING PADA STANDART KOMPETENSI MENGIDENTIFIKASI ILMU BANGUNAN GEDUNG

SUCI MAIZAROH

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui a) hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran yang menggunakan perpaduan metode Talking Stick dengan strategi Guided Note Taking, b) respon siswa terhadap metode pembelajaran dan c) hasil belajar siswa di kelas setelah menggunakan perpaduan metode pembelajaran Talking Stick dengan strategi Guided Note Taking.


Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan One Shot Case Study. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X TGB-2 di SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto pada semester gasal tahun ajaran 2016-2017. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon siswa dan lembar tes hasil belajar. Hasil validasi Perangkat pembelajaran mendapatkan rating dengan prosentase 85,82% dengan kategori sangat layak.


Dari hasil penelitian, a) pengamatan keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan prosentase sebesar 87,93% dengan kategori sangat baik, b) Respon siswa menunjukkan prosentase sebesar 85,74% dengan kategori sangat baik, dan c) Hasil belajar siswa kelas X TGB-2 SMK Negeri 1 Kemlagi menunjukkan rata-rata kelas sebesar 82,91 dengan kategori tuntas. Siswa yang tuntas belajar berjumlah 26 siswa  dengan prosentase 80,65%. Dari analisis uji hipotesis menghasilkan thitung = 9,778,  sedangkan ttabel = 1,697 maka dalam uji t tersebut nilai thitung > ttabel. Dengan demikian, hasil belajar siswa kelas X TGB-2 SMK Negeri 1 Kemlagi setelah diterapkan perpaduan metode Talking Stick dengan strategi Guided Note Taking adalah lebih besar atau sama dengan 75 (≥75). Penerapan perpaduan metode pembelajaran Talking Stick dengan strategi Guided Note Taking pada standar kompetensi Mengidentifikasi Ilmu Bangunan Gedung dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena siswa lebih aktif pada proses pembelajaran di kelas sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang berpusat pada siswa.


Kata Kunci: Talking Stick, strategi Guided Note Taking, Hasil Belajar.


This study aims to determine a) the observation of implemented learning using a combination of Talking Stick learning methods to the Guided Note Taking learning strategy, b) the response of students to learning methods and c) the results of student learning in the classroom after using a combination of Talking Stick learning methods with the Guided Note Taking learning strategy.


The method used was experimental research with the research design of One Shot Case Study. Subjects in this research are students of class X TGB-2 in SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto on the odd semester of 2016-2017 academic year. The research instrument consists of a sheet validation learning device, observation sheets of implemented learning, student questionnaire responses and achievement posttest sheet. The results of the validation of learning tools to get rating by percentage of 85.82% with a very possible category.


From the research, observation of implemented learning shows the percentage of 87.93% with a very good category. Student responses indicate a percentage of 85.74% with a very good category. The results of class X student TGB-2 SMK Negeri 1 Kemlagi show class average of 82,91 with a complete category. Students who pass the study were 26 students with a percentage of 80.65%. From the analysis of hypothesis testing shows tcount = 9,778 while ttabel = 1,697 so the t test tcount > ttabel. Thus, the results of class X student TGB-2 SMK Negeri 1 Kemlagi after applied the blend of Talking Stick learning method with Guided Note Taking strategy is greater than or equal to 75 (≥75). The application of a blend of Talking Stick learning methods with Guided Note Taking strategy on the standard of competence Identifying the Building Science can improve student learning outcomes because the students more active in the learning process in class so as to create an context of student-centered learning.


Keywords : Talking Stick, Guided Note Taking strategy, Learning Outcomes


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.