PENERAPAN MODEL  PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MENGGUNAKAN MODUL PADA STANDAR KOMPETENSI MEMBUAT GAMBAR RENCANA KOLOM DAN BALOK BETON BERTULANG  KELAS X  TGB SMK NEGERI 1 KEMLAGI

KUSNIAWATI

Abstract


Tujuan dari penelitian tentang membuat gambar rencana kolom dan balok beton bertulang dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation atau bisa disingkat dengan GI untuk mengetahui: (a) keterlaksanaan pembelajaran kooperatif menggunakan model pembelajaran tipe  GI dengan menggunakan modul, dan (b) hasil belajar siswa antara yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe GI menggunakan modul dan kelas yang hanya menggunakan modul. Penelitian yang digunakan adalah  penelitian dengan model “nonequivalent control group design”. Pengambilan sampel dilakukan secara menyeluruh, sehingga jumlah populasi sama dengan jumlah sampel yaitu kelas X TGB 1 dengan 31 siswa dan X TGB 2 dengan 31 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi, lembar observer, dan tes tulis. Teknik analisis data menggunakan analisis penilaian validator, analisis keterlaksanaan pembelajaran, dan analisis uji beda yang telah memenuhi syarat dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (a) keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan I dan III, sebesar 83,7% dengan kriteria sangat baik, dan (b) pada pertemuan I dan III, menunjukkan nilai tes hasil belajar kelompok yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe GI menggunakan modul lebih tinggi bila dibandingkan dengan nilai tes hasil belajar kelompok yang hanya diberi modul. Selisih nilai tes hasil belajar kedua kelompok diatas antara diberi model pembelajaran kooperatif tipe GI menggunakan modul dengan kelompok yang hanya diberi modul signifikan untuk disimpulkan kedua kelompok berbeda.


Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Group Investigation (GI), Modul.


Abstract


The purpose research of making the coloumn and reinforced concrete beams is to determine with model learning process kooperative or can shortened with GI the folowin results: (a) the implemented learning with module of Group Investigation (GI) type kooperative learning process model, and (b) the results between student whose given by the modulized GI  type kooperative learning process model and the  class whose not given by the modulized (GI ) type kooperative learning process. The research that used is an research whit the "nonequivalent control group design" model. The sampling is done thoroughly, so that the total population is equals the number of samples class X TGB 1 with 31 students, and class X TGB 2 with 31 students. The instrumen collection data use sheets validation, observation sheets, and written test. Analysis techniques of data using analysis of validator, analysis implementation of learning, and learn to use test result analysis the are qualified by a very good criteria.  This is the result of research (a) the implemented learning on the I and III meetings was 83,7% with a very good qualitative, and (b) the first and three meeting, show the value learning outcomes of group by the modulized GI  type kooperative learning process model higher when compared with value of group are only given media modul. The difference in value achievement test between the above two groups given GI cooperative learning model using a module with a group who were given significant module to conclude the two groups differed.


Keyword: Student Results, Group Investigation (GI), Module.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.