PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SAMBUNGAN DAN HUBUNGAN KAYU DI SMKN 3  JOMBANG

KHUMAIDI HAMBALI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan intelekual siswa, meningkatkan keaktifan siswa serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa, pada materi pokok Sambungan dan Hubungan Kayu Siswa Kelas X TKK SMK Negeri 3 Jombang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan dua siklus, setiap siklus mempunyai tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek peneltian ini adalah siswa kelas X TKK SMK Negeri 3 Jombang semester genap tahun ajaran 2015/2016. Data yang diperoleh dari penelitian ini akan dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif-kuantitatf.


Berdasarkan analisis data hasil penelitian didapatkan bahwa; (1) Keterampilan guru dalam menerapkan keseluruhan dapat diketahui bahwa keterlaksanaan tahap-tahap pembelajaran pada siklus I memiliki nilai rata-rata sebesar 3,17 dengan kriteria baik, dan pada siklus II sebesar 3,56 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan rata-rata keseluruhan pertemuan I dan pertemuan II adalah 3,37. (2) Keterlaksanaan aktivitas belajar siswa pada siklus I, mendapat kriteria cukup dengan nilai rata-rata 2,06, sedangkan pada siklus II sudah mengalami peningkatan menjadi 3,50 dengan kriteria sangat baik. Peningkatan yang terjadi sebesar 1,44%. (3) Hasil belajar siswa meningkat tiap siklus, jumlah siswa yang tuntas pada saat Test Siklus I sebanyak 11 siswa dengan prosentase sebesar 42,30%, belum mencapai ketuntasan klasikal sebesar ≥ 75%. Pada saat Test Siklus II siswa yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 21 siswa dengan prosentase 81%. Hal ini berarti ketuntasan klasikal siswa pada saat Siklus II sudah mencapai ketuntasan klasikal.


Kata kunci : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Keterlaksanaan Pembelajaran, Hasil Belajar.


ABSTRAC


This study aims to improve the intellectual abilities of students, increase student activity and to improve student learning outcomes in the subject matter and Relationships Wood Connection Class X TKK SMK Negeri 3 Jombang. This type of research is the Classroom Action Research (Classroom Action Research) with two cycles, each cycle has phases, namely, planning, action, observation and reflection. The subject of this research is the students of class X SMK Negeri 3 Jombang TKK second semester of the 2015/2016 academic year. The numbers obtained from this study will be analyzed with descriptive qualitative-quantitative method.


Based on the results of data analysis showed that; (1) The skills of teachers in implementing the whole can be seen that the enforceability of the stages of learning in the first cycle has an average value of 3.17 with the criteria, and the second cycle of 3.56 with the criteria very well. While the overall average of the first meeting and the meeting II is 3.37. (2) The activity of students in the first cycle, gets sufficient criteria with an average value of 2.06, while in the second cycle has been increased to 3.50 with the criteria very well. The increase was 1.44%. (3) The results of student learning increase each cycle, the number of students who completed at the Test Cycle I as many as 11 students by a percentage of 42.30%, has not reached the classical completeness of ≥ 75%. At the Test Cycle II students who completed increased to 21 students with a percentage of 81%. This means that the classical completeness at the time of Cycle II students have reached classical completeness.


Keyword: Application of The Cooperative Learning Model of Type Numbered Heads Together (NHT), Learning Activities, Student Learning Outcomes.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.