PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X TGB DI SMK NEGERI 1 SAMPANG

DEOVANI ANDRIAN HAER

Abstract


Metode pembelajaran aktif tipe Index Card Match adalah merupakan pembelajaran aktif dengan mencocokkan kartu. Pembelajaran dengan Index Card Match diharapkan siswa merasa nyaman untuk bertanya dan berdiskusi dengan siswa lain bila dibandingkan dengan bertanya kepada guru. Pembelajaran menjadi tidak searah sebab ada transfer ilmu dari guru ke siswa dan antar siswa itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran, keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar menggunakan metode pembelajaran aktif tipe Index Card Match.


Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-shot casestudy. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Sampang, jurusan Teknik Gambar Bangunan (TGB) dan waktu penelitian dilakukan pada semester genap 2016/2017. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X TGB 1 dengan jumlah 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi perangkat  pembelajaran, lembar observasi pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan menganalisa kelayakan perangkat, keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar, dan uji hipotesis dengan uji-t pihak kiri.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan perangkat pembelajaran memperoleh rata-rata rating sebesar 95%, termasuk dalam kategori sangat layak. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran aktif tipe Index Card Match memperoleh prosentase keterlaksanaan sebesar 87%, termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata 79,2 dengan t hitung sebesar  3,53, nilai t tabel 1,696 dan derajat kebebasan sebesar 5%, maka H0 diterima dan Ha ditolak.


Kata Kunci : Hasil Belajar, Konstruksi Bangunan, Index Card Match


Abstract


Active learning methods Index Card Match type is an active learning by matching cards. Learning withIndex Card Matchis expected that students feel comfortable to ask questions and discuss with other students besides with their teacher. Learning becomes not only one way because there is knowledge transfer from the teacher to the students and between the students themselves. This study aims to determine the feasibility of learning tools, learning activity, and learning outcomes using active learning type of Index Card Match.


The research design used in this study is a one-shot case study. The research was conducted at SMK Negeri 1 Sampang, majoring in Architecture Engineering (TGB) and the research was conducted during even semester 2016/2017. The samples used were students of class X TGB 1 with total of 32 students. The research instrument used consisted of learning device validation sheet, the learning activity observation sheet, and achievement test. Data analysis technique used is descriptive analysis to analyze the feasibility of the device, learning activity, learning outcomes, and hypothesis testing using t-test against left party.


The results showed that the eligibility learning device receives an average rating of 95%, classifiedin the category of very decent. Learning activityusing active learning methods Type Index Card Match obtain activity percentage of 87%, classified in the excellent category. Student learning outcomes showed an average value of 79.2 with t count of 3.53, 1.696 and t table value of freedom degrees at 5%, then H0 is accepted and Ha is rejected.


Keywords: Learning Outcomes, Building Construction, Index CardMatch


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.