PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DENGAN MEDIA MODUL UNTUK MENGETAHUI HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI KONSTRUKSI KAYU KELAS XI KKY SMK NEGERI 2 SURABAYA

RONI SETIAWAN

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik di SMKN 2 Surabaya masih kesulitan dalam memahami materi teknologi konstruksi kayu serta mengaplikasikannya dalam kegiatan praktikum, karena penggunaan metode yang kurang tepat dan media pengajar yang kurang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat, kegiatan pembelajaran, dan mengetahui hasil belajar siswa kelas XI Teknik Konstruksi Kayu SMKN 2 Surabaya setelah menggunakan model blended learning dengan media modul.


Jenis Penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimental bentuk One-Shot Case Study Penelitian dilaksanakan di SMKN 2 Surabaya pada waktu semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Subyek penelitian menggunakan kelas XI Teknik Konstruksi Kayu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik angket, teknik observasi, dan teknik tes. Teknik analisis data berupa analisis kelayakan perangkat pembelajaran dan media pembelajaran, analisis kegiatan pembelajaran, dan analisis hasil belajar siswa.


Hasil validasi perangkat pembelajaran  dengan persentase sebesar 81,16% dinyatakan sangat layak. Hasil valisasi kegiatan perangkat pembelajaran dengan persentase sebesar 87,50% dinyatakan sangat baik. Hasil analisis perangkat pembelajan menggunakan  model blended learning dengan media modul didapatkan nilai t hitung adalah 10,21 sedangkan nilai ttabel adalah -2,35, dari hasil tersebut didapat bahwa t hitung > t tabel. Hasil analisis perhitungan kegiatan pembelajaran didapatkan nilai t hitung adalah 8,66 sedangkan nilai ttabel adalah -2,92, dari hasil tersebut didapat bahwa t hitung > t tabel. Hasil analisis perhitungan hasil belajar siswa menggunakan model blended learning dengan media modul didapatkan nilai t hitung adalah 14,845 sedangkan nilai ttabel adalah -1,71, dari hasil tersebut didapat bahwa t hitung > t tabel.


Kata Kunci: Model Blended Learning dengan Media Modul. Konstruks Kayu


Abstract


This research is motivated by the students at SMKN 2 Surabaya still have difficulty in understanding the material wood construction technology and apply it in practical activities, because of the use of methods that are less precise and less supportive teaching media. This study aims to determine the feasibility of the device, learning activities, and know the results of students of class XI Mechanical Construction Wood N 2 Surabaya after using blended learning models with media modules.


Research type used is Pre-experimental form of One-Shot Case Study The research was conducted at SMKN 2 Surabaya at the time of the first semester of the 2015/2016 academic year. The research subjects using a class XI Wood Construction Engineering. Data collection techniques in this research was done by using questionnaires, observation, and testing techniques. Data analysis techniques in the form of feasibility analysis and instructional media learning tools, analysis of learning activities, and analysis of student learning outcomes.


The results of the validation study with a percentage of 81.16% is otherwise very decent. Results valisasi activities learning device with a percentage of 87.50% is expressed very well. The results of the analysis pembelajan using blended learning models with media modules obtained t value was 10.21 while ttable value is -2.35, from the results obtained t count > t table. The results of the analysis of the calculation of the learning activities obtained t value is 8.66 while the value ttabel is -2.92, from the results obtained tcount> ttable. The results of the analysis of the calculation results of student learning using a blended learning models with media modules obtained tcount was 14.845 while ttable value is -1.71, from the results obtained t count > t table.


Keywords: Model blended learning with Media Module. construct wood


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.