PENERAPAN LKS DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

AFFAN MAULANA

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa terhadap penggunaan LKS dengan pendekatan kontekstual.


Metode penelitian menggunakan Pre-exsperimental dengan bentuk one-shot casestudy. Subjek penelitian ini kelas X TGB 1 dan X TGB 2 semester ganjil tahun ajaran 2016/2017di SMK Negeri 3 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, tes tulis, respon siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis keterlaksanaan pembelajaran, analisis hasil belajar siswa, analisis respon siswa.


Hasil penelitian menunjukan bahwa LKS dengan pendekatan kontekstual didapat kategori sangat layak dengan persentase kelayakan 86,25%. Hasil belajar siswa menggunakan LKS dengan pendekatan kontekstual diatas nilai KKM 75 diatas 75%. Rata-rata kelas pertemuan pertama  80,79, pertemuan kedua 79,23, pertemuan ketiga 79,69, pertemuan keempat 84,71. Respon kelas X TGB 1 terhadap penerapan LKS 80,19% (sangat senang). Respon kelas X TGB 2 terhadap penerapan LKS 86,16% (sangat senang).


Kata Kunci : Pre-exsperimental, Hasil Belajar, Respon Siswa.


Abstract


Research aims to understand study results and response students on the use of LKS by approach contextual.


The methodology using pre-exsperimental with a one-shot casestudy. The subject of this research class X TGB 1 and X TGB 2 odd academic year 2016 / 2017 state of vocational high school 3 Surabaya. Data collection techniques used observation, writing tests, the students response. Analysis techniques data using learning materialize analysis, an analysis of the results student learning, the students response analysis.


The results showed that LKS category contextual got very reasonable with the appropriateness 86,25%. Study results students use LKS by approach contextual on the KKM 75 above 75%. Average of class 80,79 first meeting, the second 79,23, third meeting 79,69, the fourth 84,71. The class X TGB 1 against the implementation of LKS 80,19% (very happy). The class X TGB 2 against the implementation of LKS 86,16% (very happy).


Keywords: Pre-exsperimental, Results Learning, Response students


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.