PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI MENGGUNAKAN MEDIA MAKET PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR KONSTRUKSI ATAPDI KELAS XII-TGB 2 SMK NEGERI KUDU

EDO BAGUS PRASETYO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran SAVI dan maket, menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran SAVI menggunakan maket, menganalisis hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran SAVI menggunakan maket, dan Menganalisis respon peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran SAVI menggunakan maket pada mata pelajaran menggambar konstruksi atap kelas XII-TGB 2 di SMK Negeri Kudu.


Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII-TGB 2 SMKN Kudu yang berjumlah 29 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar pengamatan, lembar tes hasil belajar dan angket respon siswa.


Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa hasil prosentase kelayakan pembelajaran menunjukan angka 84,85%, angka ini masuk dalam kategori sangat baik dan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Adanya peningkatan keterlaksanaan pembelajaran baik pada kegiatan mengajar guru maupun proses belajar siswa, kegiatan mengajar guru pada siklus 1 mendapat rata-rata skor sebesar 2,37 kemudian meningkat pada siklus 2 menjadi sebesar 3,60, sedangkan proses belajar siswa pada siklus 1 mendapat rata-rata skor sebesar 1,86 kemudian meningkat pada siklus 2 menjadi sebesar 3,22. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2, baik dari segi kognitif maupun psikomotor. Hasil belajar kognitif siklus 1 mendapat prosentase ketuntasan sebesar 79,31% kemudian meningkat menjadi 89,66% pada siklus 2, sedangkan untuk penilaian psikomotor mendapatkan prosentase sebesar 75,86% pada siklus 1 kemudian meningkat menjadi 93,10% pada siklus 2. Respon siswa menunjukkan presentase sebesar 81,10%. Berdasarkan 3.7 Interpretasi Respon Siswa, menunjukkan bahwa respon siswa sangat baik yaitu diantara 81%-100%.


Kata Kunci: SAVI, Kelayakan Perangkat, Hasil Belajar, Keterlaksanaan pembelajaran, Respon Siswa.


Abstract


This research aimed to Describe the expediency of SAVI learning set and mockup media, analyze the implementation of SAVI learning model by using mockup media, analyze the result of student’s achievement by implementing SAVI learning model by using mockup media and Analyze the student’s response toward the use of SAVI learning model by using mockup media in roof construction drawing lesson of XIII-TGB 2 of SMK Negeri Kudu.


The research is research action classroom of two cycle, every cycle consisting of four steps in the planning, implementation, observation, and reflection. The subject of this study is a student XII-TGB 2 SMKN Kudu amounting to 29 students. Research instruments used consisting sheets of validation, sheets of tests study results, sheets observation, and sheets students’ responses data.


This research result in a finding that the results of the prosentase feasibility learning showed the 84,85 % , this figure included in the category very well and very reasonable for use in learning .An increase in keterlaksanaan learning good the work of the teaching teachers and the learning process students , activities teaching teacher at cycle 1 got the average a score of 2.37 then increase in cycle 2 the size of 3,60 , while the learning process students on cycle 1 got the average a score of 1,86 then increase in cycle 2 the size of 3,22 .There has been increasing study results students from the cycle 1 to 2 cycle , both in terms of cognitive and psychomotor. Study results cognitive cycle 1 mendaoat prosentase ketuntasan of 79,31 % then increased to 89,66 % in cycle 2, while for the judgment of psychomotor get prosentase of 75,86 % in cycle 1 then increased to 93,10 % in cycle 2. Response students show the percentage of 81,10 %. Based interpretation response students, shows that response students are very good of 81 % -100 %.


Keywords: SAVI, The Expediency of Learning Set, Score Result, The Implementation of Learning, Student’s Response.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.