PENERAPAN MEDIA MAKET INSTALASI LISTRIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN (DI SMK NEGERI 3 SURABAYA)

Rohmat Yanuar Supriadi

Abstract


Sistem pembelajaran yang bermutu dapat terwujud dengan adanya suatu proses timbal-balik antara guru dengan siswa, bukan hanya guru yang aktif melainkan siswa juga harus ikut aktif. Penerapan model pembelajaran CTL menggunakan media maket membuat siswa lebih aktif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan media dan perangkat pembelajaran,  serta hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran CTL menggunakan media maket instalasi listrik pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan.


Jenis penelitian ini merupakan  penelitian pre experimental design dengan desain penelitian one shot case study. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TGB di SMK Negeri 3 Surabaya, sedangkan  sampel yang diambil yaitu dari kelas XI TGB 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket dan tes.


Rata-rata persentase kelayakan media dan perangkat pembelajaran adalah 81,70% dengan kategori sangat layak. Nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 77,20. Kesimpulan penelitian ini adalah kelayakan media dan perangkat pembelajran lebih dari 75%, serta hasil belajar siswa lebih dari KKM (>75) setelah diterapkan media maket instalasi listrik menggunakan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan.


Kata Kunci : Model pembelajaran, CTL, media, instalasi listrik.


Abstract


Learning quality system can be to a reciprocal between teacher and students, not only the teachers who active but students also has to active. The application of CTL learning model using media maket makes students more active. This research is aims to described feasibility media and devices learning,  as well as the results to study for students from the application of electrical  installation media using CTL learning  model on lesson picture of building construction.


This type of research is a pre experimental design with one-shot case study design. The population to research it is a whole graders XI TGB in state SMK 3 Surabaya, while samples to be taken from class XI TGB 2. Techniques data collection methods used the questionnaire and test.


The average percentage of media learning feasibility is 81.70% with very decent category. The average score of student learning outcomes is 77,20. The conclusion of this research is feasibility of learning media more than 75%, and student learning outcomes more than KKM (>75) after applied media maket electrical installation using CTL learning model on the subject of Building Construction Drawing.


Keywords     : Learning model, CTL, electrical installation, media.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.