PENGARUH HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF TERHADAP HASIL UJI KOMPETENSI KEAHLIAN PADA SISWA KELAS XII JURUSAN BANGUNAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 3 JOMBANG

DIAN PRASETYO

Abstract


Uji kompetensi keahlian (UKK) adalah tolak ukur pencapaian kompetensi siswa SMK yang telah melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan kompetensi keahlian yang mereka sudah tempuh di SMK. Sedangkan mata pelajaran produktif adalah segala mata pelajaran yang dapat membekali pengetahuan teknik dasar keahlian kejuruan. Jadi penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh hasil belajar mata pelajaran produktif terhadap hasil uji kompetensi keahlian.


Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 3 Surabaya, jurusan Teknik Gambar Bangunan (TGB) dan waktu penelitian dilakukan pada semester genap 2016/2017. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa program keahlian Teknik Gambar Bangunan (TGB). Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XII TGB 1 dengan jumlah 33 siswa dan kelas XII TGB 2 yang terdiri dari 31 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar mata pelajaran produktif, dan hasil uji kompetensi keahlian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi sederhana.


Hasil penelitian menunjukan arah regresi yang positif dan signifikan antara mata pelajaran produktif dengan hasil uji kompetensi keahlian. Namun mata pelajaran produktif bukan satu-satunya faktor yang menunjang hasil uji kompetensi keahlian, masih banyak faktor yang bisa menunjang hasil dari UKK seperti motivasi belajar, praktik kerja lapangan dan lain sebagainya.


Kata Kunci       : Uji Kompetensi Keahlian, Mata Pelajaran Produktif, Hasil Belajar, Motivasi Belajar.



Abstract


Skill competency test (UKK) is a benchmark for the achievement of the competence of vocational students who have implemented the learning process in accordance with the competence of skills they have traveled in SMK. While productive subjects are all subjects that can equip basic technical knowledge of vocational skills. So this research is done to find out how far effect of learning result of productive subject to skill competency test result.


The type of research used is quantitative research with correlational descriptive approach. This research was conducted at SMKN 3 Surabaya, majoring in Building Drawing Technique (TGB) and the research time was done on the even semester of 2016/2017. The population used in this research is the students of Building Material Engineering (TGB). The sample used is the students of class XII TGB 1 with the number of 33 students and class XII TGB 2 consisting of 31 students. The research instrument used is the test of learning result of productive subject, and skill competency test result. Data analysis technique used is simple regression.


The results showed a positive and significant regression direction between productive subjects with skill competency test results. However, productive subjects are not the only factors that support the competency test results, there are many factors that can support the outcomes of the UKK such as learning motivation, field work practice and so on.


Keywords: Skill Competency Test, Productive Lesson, Learning Outcomes, Learning Motivation.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.