PENGEMBANGAN MODUL ANALISIS STRUKTUR SEDERHANA DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

TERRA RAMA DHINI PUTRI

Abstract


Berdasarkan hasil observasi selama pelaksanaan program pengelolaan pembelajaran terhadap mata pelajaran Mekanika Teknik di SMK Negeri 1 Sidoarjo, didapatkan bahwa banyak siswa yang belum paham dengan mata pelajaran tersebut. Untuk itu diperlukan sumber belajar mandiri yang efektif seperti modul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan modul dengan materi analisis struktur sederhana jika ditinjau dari (1) keterlaksanaan pembelajaran oleh guru, (2) keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa, (3) ketuntasan belajar siswa, (4) respons siswa terhadap modul.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang terdiri dari 6 langkah yaitu: (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain (6) Ujicoba Produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan pembelajaran oleh guru pada pertemuan ke-1, ke-2, ke-3 mendapatkan persentase sebesar 77,06%, 85,29%, dan 81,76%. (2) keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa pada pertemuan ke-1, ke-2, dan ke-3 mendapatkan persentase sebesar 72,5%, 75,83%, dan 83,33%. (3) berdasarkan hasil belajar siswa yang didapat melalu tes pada pertemuan ke-3, diperoleh ketuntasan belajar sebesar 100%. (4) respons siswa terhadap modul analisis struktur sederhana sangat baik dengan persentase 86%. Secara umum, pengembangan modul analisis struktur sederhana layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: pengembangan modul, Mekanika Teknik, analisis struktur sederhana.

Abstract

It was found that many students didn't understand Mechanical Engineering subject yet based on the observation during the implementation of learning management program in SMK Negeri 1 Sidoarjo. So the effective self-learning resource such as module is needed. The purpose of this study is to know the worthiness of simple structural analysis module based on (1) the learning implementation by teacher, (2) the learning implementation by students, (3) the mastery learning of students, (4) students' response to the module.

This study uses Research and Development (R&D) consisting of these 6 steps: (1) Potential and Problem, (2) Data Collection, (3) Product Design, (4) Design Validation, (5) Revision Design (6) Product Trial. The result of this study show that (1) the observation result of learning activity by teacher at the 1st, 2nd, and 3rd meeting respectively 77.06%, 85.29%, and 81.76%. (2) the observation result of learning activity of students at the 1st, 2nd, and 3rd meetings respectively 72.5%, 75.83%, and 83.33%. (3) the mastery learning of students at the 3rd meeting is 100%. (4) the students' responses to the module are very good with the percentage of 86%.

Keywords: module development, Mechanical Engineering, simple stuctural analysis.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.