PENERAPAN STRATEGI KWL (KNOW, WANT, LEARN) DENGAN MEDIA COURSELAB PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN PADA HASIL BELAJAR  SISWA KELAS X TKK DI SMKN 2 SURABAYA

MOCH AZIZUL ROHMI

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi oleh suatu keadaan belajar peserta didik di SMKN 2 Surabaya kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan. Selama ini pembelajaran menggunakan metode ceramah. Untuk memperbaiki hasil belajar maka diterapkan strategi KWL (Know, Want, Learn) dengan media Courselab. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tingkat kelayakan media, keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar.


Penelitian  yang  digunakan  adalah  pre-experimental  design, bentuk  one shot case  study, dilaksanakan di SMKN 2 Surabaya semester genap tahun ajaran 2016/2017. Subyek penelitian menggunakan kelas X TKK 1. Teknik analisis data berupa analisis kelayakan perangkat dan media pembelajaran, analisis keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar.


Penelitian strategi KWL menggunakan media Courselab didapatkan tiga hasil. (1) Kelayakan media mendapat rata-rata 4.39, termasuk dalam kategori sangat layak, (2) Keterlaksanaan pembelajaran pertemuan pertama, kegiatan pembelajaran  guru mendapat rata-rata sebesar 3,95 dengan kategori baik dan aktifitas pembelajaran siswa mendapat rata-rata sebesar 3,71 dengan kategori baik. Keterlaksanaan pembelajaran pertemuan kedua, kegiatan pembelajaran guru mendapat rata-rata sebesar 4,06 dengan kategori sangat baik dan aktifitas pembelajaran siswa mendapat rata-rata sebesar 3,96 dengan kategori baik, (3) Hasil belajar siswa yang berjumlah 31 siswa telah mendapatkan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 77,68 diatas nilai KKM yang diterapkan oleh sekolah sebesar 75.


Kata Kunci: Strategi KWL, Media Courselab, Konstruksi Atap.


Abstract


This research is in The background by the students at SMKN 2 Surabaya less understanding of the material presented by the teacher on the Subject of Building Construction. During this study using the lecture method. To improve learning outcomes, KWL (Know, Want, Learn) strategy is applied with Courselab media. This reseach aim to find level the feasibility media, learning effectiveness, and learning outcomes.


The research used was pre-experimental design, form one shot cas study, implemented  in SMKN 2 Surabaya even semester year at 2016/2017. Subject research using class X TKK 1. Data analysis techniques in the form of feasibility analysis of tools and learning media, analysis of learning effectiveness, and learning outcomes.


KWL strategy research uses Courselab media got three result. (1) The media feasibility is average 4.39, included in the category is very feasible, (2) Wisdom learning first meeting, teacher learning activities got an average percentage of 3,95 with categories good and student learning activity gets average of 3,71 with good category. Wisdom learning second meeting, teacher learning activities get percentage of 4,06 with very good category and student learning actuity gets average percentage equal to 3,96 with good category, (3) Result of student learning wich totaling 31 students have achieved the target of learning mastery the average value of lerning results of 77.68 above the KKM value applied by the school of 75.


Keywords: KWL strategy, Media.Courselab, Roof Construction.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.