PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONSTRUKSI KELAS X DPIB DI SMKN 7 SURABAYA

PRASETYO RATRI NUR SYAMSU, DIDIEK PURWADI

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menghasilkan media pembelajaran e-learning berbasis schoology yang digunakan sebagai media pembelajaran untuk mata pelajaran dasar-dasar konstruksi ; (2) mengetahui keterlaksanaan media pembelajaran e-learning berbasis schoology pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi ; (3) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi kelas X DPIB di SMKN 7 Surabaya menggunakan media pembelajaran schoology.

Jenis penelitian ini adalah one shot case study dengan sampelnya adalah siswa kelas X DPIB SMKN 7 Surabaya tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi media pembelajaran, lembar pengamatan keterlaksanaan, post test , lembar validasi perangkat pembelajaran, dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi kelayakan media, keterlaksanaan pembelajaran dan hasil belajar, serta uji t pihak kiri.

Hasil penelitian ini adalah (1) persentase rata-rata hasil validasi media pembelajaran adalah 85,92% dengan kategori sangat baik; (2) persentase rata-rata hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran adalah 89,72% dengan kategori sangat baik; (3) nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75,85. Hasil uji t adalah thitung = 4,424 > ttabel = 2,032 (signifikan, α = 5%). Artinya, Ho diterima dengan nilai rata-rata lebih besar dari 70 setelah diterapkan pembelajan menggunakan media e-learning berbasis schoology.

Kata kunci : E-learning, Schoology, Hasil Belajar.

Abstract

The purpose of this research is to The purpose of this research is to (1) produce e-learning media based on schoology which is used as instructional media for basic construction subjects; (2) knowing the implementation of learning media based on schoology e-learning on the subjects of basic construction; (3) knowing the result of student learning on the subject of construction of class X of DPIB at SMKN 7 Surabaya using schoology.This research type is one shot case study with sample is student of class X DPIB SMKN 7 Surabaya academic year 2017/2018 which amount 35 people. The research instrument used is validation sheet of instructional media, observation sheet of implementation, post test, instructional device validation sheet, and student response questionnaire. Data analysis techniques used are media validation feasibility analysis, learning implementation and learning outcomes, and left side t test.The results of this study are (1) the average percentage of learning media validation results is 85.92% with very good category; (2) the average percentage of observation result of learning activity is 89,72% with very good category; (3) the average score of student learning outcomes is 75.85. The result of t test is t ct = 4.424> t table = 2.032 (significant, α = 5%). That is, Ho accepted with an average value greater than 70 after applied pengajan using school-based e-learning media.

Keyword: E-learning, Schoology, learning outcomes.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.