PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARN KONSTRUKSI BANGUNAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TGB SMK NEGERI 1 KEMLAGI

DAVID LULUNG, KUSNAN

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kelayakan perangkat pembelajaran pada pelajaran konstruksi bangunan, (2) Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping pada pelajaran konstruksi bangunan, dan (3) Hasil belajar setelah menggunakan model pembelajaran mind mapping pada pelajaran konstruksi bangunan.
Model pembelajaran mind mapping ialah model pembelajaran dengan teknik meringkas bahan yang perlu dipelajari,dan memproyeksikan masalah yang dihadapi ke dalam bentuk peta atau grafik. Metode penelitian ini adalah Posttest-Only Control Design. Penelitian ini diterapkan dalam dua kelas di SMK Negeri 1 Kemlagi yakni kelas X TGB 1 dan TGB 2. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, angket, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis kelayakan perangkat pembelajaran, analisis keterlaksanaan pembelajaran, dan analisis hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil analisis belajar dalam penelitian ini dikatakan berhasil dengan penggunaan model mind mapping pada mata pelajaran konstruksi bangunan siswa kelas X TGB SMK Negeri 1 Kemlagi meningkat dari KKM 75 dibuktikan dengan hasil belajar siswa kelas eksperimen mendapat prosentase ketuntasan belajar siswa sebesar 96,88% sedangkan hasil belajar kelas kontrol mendapat 84,38%.

Kata kunci: Model Pembelajaran Mind Mapping, Konstruki Bangunan

Abstract
This study aims to find out (1) the feasibility of learning tools in the lesson of building construction, (2) the implementation of learning by using mind mapping learning model in building construction lesson, and (3) learning result after using mind mapping learning model in building construction lesson.
The mind mapping learning model is a learning model with techniques that summarize the material that needs to be studied, and project the problems faced into the form of maps or graphs. This research method is Posttest-Only Control Design. This research is applied in two classes in SMK Negeri 1 Kemlagi namely class X TGB 1 and TGB 2. Technique of data collecting done by documentation, questionnaire, observation, and test. Data analysis technique that is done is feasibility analysis of learning device, analysis of learning implementation, and analysis of student learning result.
Based on the results of learning analysis in this study is said to be successful with the use of mind mapping model on the subjects of building construction of students of class X TGB SMK Negeri 1 Kemlagi increased from KKM 75 evidenced by the results of student learning experimental class gets the percentage mastery learning students of 96.88% while the results learning control class got 84.38%.

Keywords: Mind Mapping Learning Model, Building Construct

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.