PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN METODE EKSPOSITORI PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS GAYA DALAM PADA STRUKTUR BANGUNAN DI SMKN

NISA INGGIL SUPRIYANTO, BAMBANG SABARIMAN

Abstract


Abstrak

Dalam mempelajari dan mengembangkan program keahlian Desain pemodelan dan informasi bangunan (DPIB) proses pembelajaran di SMK harus mencakup ketiga aspek pendidikan, yaitu: afekif, kognitif dan psikomotorik. Untuk mencapai ketiga hal tersebut, proses pembelajaran harus bersifat informatif dan dapat mempermudah siswa dalam memahami materi. Dalam mata pelajaran mekanika teknik, siswa mengalami kesulitan untuk menentukan Ra, Rb, arah gaya lintang dan momen gaya. Siswa seringkali luput dalam menentukan nilai arah gaya sehingga akan mempengaruhi pada perhitungan setelahnya. Oleh karena itu, model dan metode pembelajaran yang baru diperlukan guna meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan jenis Pre-Experimental design menggunakan bentuk One-Shot Case Study. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran langsung dengan metode Ekspositori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan perangkat pembelajaran yang dibuat dan hasil belajar siswa dengan model dan metode yang diterapkan. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 3 Surabaya dikelas X DPIB 1 dan X DPIB 2 dimana masing-masing kelas terdiri atas 35 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dengan beberapa instrumen penelitian yang terdiri atas lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan lembar tes hasil belajar.

Terdapat dua hasil yang diperoleh dari peelitian yang dilaksanakan, yakni (1) keterlaksanaan model dan metode pembelajaran menunjukkan persentase sebesar 76.39% yang berarti pembelajaran berjalan dengan baik; (2) nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas X DPIB 1 adalah 70.08 dan pada kelas X DPIB 2 sebesar 83. Analisis uji hipotesis pada taraf kesalahan (α) = 5% pada kelas X DPIB 1 menghasilkan > = 3.99 > 1,67 sedangkan pada kelas X-DPIB 2 menghasilkan > = 4.09 > 1,67. Artinya hasil belajar siswa setelah model pembelajaran langsung dengan metode ekspositori lebih baik daripada menggunakan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: model pembelajaran langsung, metode ekspositori, Mekanika Teknik

Abstract In observing and developing learning process of Desain pemodelan dan informasi bangunan (DPIB) vocational program in SMK, there must be three educational aspects. These aspects are affection, cognition, and psychomotor development. To achieve these, the learning process has to be informative and also can facilitate the students understanding the knowledge given. In mechanical structure subject, the students experience difficulties in determining Ra, Rb,diametral force line. Students often make mistakes when calculating the value of force line. This will affect the calculation afterwards. Thus, a new learning model and method are needed to enhance the learning outcomes.This study is a descriptive study with quantitative approach and Pre-Experimental design, One-Shot Case Study. The method used in this study is direct instructional model with expository method. This study is aimed to find out the learning outcomes that can be achieved while using this model and method. Tis study was conducted in X DPIB 1 and X DPIB 2 class of SMKN 3 Surabaya, where each class consist of 35 students. The data was collected by using test method with some instruments, they are learning validation sheets, observation sheets, and learning outcomes sheets.There are two results gotten from this study, they are (1) the implementation of the learning model and method lay on 76,39% which means the learning process was good; (2) the mean test score of students in X PDIB 1 class was 70.08 while students of X PDIB 2 class was 83. The hypothesis test analysis with an error rate (α) of 5% on students of X PDIB 1 class delivers > = 3.99 > 1,67 whereas on X PDIB 2 delivers > = 4.09 > 1,67. This means civil-engineering subject using direct instruction model with expository method is better than using conventional learning model.
Keyword: Direct teaching, Expoitory method, Engineering Mechanics

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.