PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X GEOMATIKA SMKN 1 NGANJUK DALAM MEMAHAMI STANDAR KOMPETENSI TEKNIK PENGUKURAN POSISI VERTIKAL

WAHYU AFELINA, DIDIEK PURWADI

Abstract


Abstrak

Penerapan pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Keterlaksanaan pembelajaran, 2) Keaktifan Siswa, dan 3) Kemajuan belajar siswa dengan menggunakan penerapan pembelajaran kontekstual.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan dua siklus. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 di SMK Negeri 1 Nganjuk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Geomatika sebanyak 36 siswa. Instrumen pembelajaran divalidasi oleh 2 orang yaitu 1 dosen dan 1 guru. Hasil validasi silabus dan RPP dinyatakan sangat layak, materi pembelajaran dinyatakan layak.

Hasil penelitian ini adalah : 1) Keterlaksanaan pembelajaran prosentase pada siklus I sebesar 64,5% dan siklus II sebesar 79%, 2) Hasil keaktifan siswa mendapatkan prosentase pada siklus I sebesar 53,77% dan siklus II sebesar 74,55%, 3) Hasil kemajuan belajar siswa mendapatkan rata – rata nilai kelas pada ranah kognitif untuk siklus I sebesar 77,43% dan siklus II sebesar 79,57%, ranah psikomotoris pada siklus I 76,00 % dan siklus II 90,14 % sehingga penerapan pembelajaran kontekstual di kelas X Geomatika SMKN 1 Ngajuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Contekstual, Keterlaksanaan Pembajaran, Kemajuan Belajar Siswa.

Abstract

The application of contextual learning is considered as the learning concept that facilitates teachers in relating between the material taught and the students’ actual state of being and also encourages the students to build a relationship between their knowledge and its application in their life. The purpose of this study is to 1) Determine the implementation of learning, 2) Student’s activeness, and 3) Student’s learning outcomes by means of contextual learning application.

The type of research used in this study is Classroom Action Research (CAR) within two cycles. This research was conducted on even semester of Academic Year 2017/2018 at SMK Negeri 1 Nganjuk. The subject of this study is Grade X Geomatika students consisting of 36 individuals. Learning instrument was validated by 2 people that are 1 lecturer and 1 teacher. The results of the syllabus and Lesson Plan are stated eligible moreover the learning material is declared adequate.

The research result of : 1) The implementation of learning percentage in the first cycle is 64,5% and cycle II is 79%, 2) The result of students’ activeness percentage in cycle I is reaching 53,73% and cycle II is 74,55%, 3) The result obtaining the average score in cognitive domain for cycle I equals to 77,43% and second cycle equals to 79,57%, psychomotor domain in cycle I achieves 76,00% and cycle II achieves 90,14% therefore applying the contextual learning in Grade X Geomatika SMKN 1 Ngajuk is able to improve the students’ learning outcome.

Keyword: Contextual, Implementation of Learning, Students’ Learning Outcome.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.