STUDI KELAYAKAN SARANA PRASARANA LABORATORIUM DI JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMKN SE SURABAYA DITINJAU DARI PERMENDIKNAS NO. 40 TAHUN 2008

ANDRIANTO , HENDRA WAHYU CAHYAKA

Abstract


Abstrak

Sarana Prasarana merupakan elemen penting bagi terlaksananya pembelajaran di sekolah. Penelelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelengkapan dan kelayakan sarana prasarana serta untuk mengetahui klasifikisai sarana prasarana laboratorium yang ada di SMKN se Surabaya jurusan teknik gambar bangunan.

Penelitian mengenai studi kelayakan sarana prasarana laboratorium ini merupakan penelitian dengan jenis penelitian evaluatif. Sampel dalam penelitian ini adalah laboratorium gambar manual, laboratorium gambar komputer, laboratorium plambing dan sanitasi, dan laboratorium survai pemetaan. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk mengetahui ketersediaan laboratorium yang ada di sekolah. Observasi digunakan mengetahui keaadan dilapangan secara langsung. Dokumentasi didapat dari pengamataan pada saat melakukan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan berupa deskriptif kuantitatif.Sakala pengukuran yang digunakan adalah rating scale.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa klasifikasi rata-rata untuk kelengkapan prasarana SMKN 2 Surabaya 73% baik, SMKN 3 Surabaya 79% baik, SMKN 5 Surabaya 92% sangat baik, SMKN 7 Surabaya 70% baik. Sarana utama, SMKN 2 Surabaya 58% cukup baik, SMKN 3 Surabaya 53% cukup baik, SMKN 5 Surabaya 59% cukup baik, SMKN 7 Surabaya 43% cukup baik. Sarana pendukung, SMKN 2 Surabaya 59% cukup baik, SMKN 3 Surabaya 51% cukup baik, SMKN 5 Surabaya 48% cukup baik, dan SMKN 7 Surabaya 30% buruk.

Kata Kunci : Sarana, Prasarana, Kelengkapan, Kelayakan, Laboratorium, SMKN Se Surabaya, Teknik Gambar Bangunan.


Abstract

Infrastructure means an important element for the implementation of learning in school. This study aims to determine the completeness and feasibility of infrastructure facilities and to determine the classification of laboratory infrastructure facilities in Surabayas SMKN majoring in building engineering.

Research on the feasibility study of laboratory infrastructure facilities is a research with evaluative research types. The samples in this study were manual drawing laboratories, computer image laboratories, plumbing and sanitation laboratories, and mapping survey laboratories. This research instrument is a research observation sheet. Data collection techniques use interview, observation and documentation techniques. Interviews were used to determine the availability of laboratories in schools. Observation used to know keaadan in the field directly. Documentation is obtained from observations when conducting research. The data analysis technique used is quantitative descriptive. When the measurement used is rating scale.

The results of this study indicate that the average classification for the completeness of SMKN 2 Surabaya infrastructure 73% good, SMKN 3 Surabaya 79% good, SMKN 5 Surabaya 92% very good, SMKN 7 Surabaya 70% good. The main means, SMKN 2 Surabaya is 58% good enough, SMK 3 Surabaya is 53% good enough, SMK 5 Surabaya is 59% good enough, SMKN 7 Surabaya is 43% good enough. Supporting facilities, SMKN 2 Surabaya 59% is quite good, SMK 3 Surabaya 51% is quite good, SMK 5 Surabaya is 48% good enough, and SMKN 7 Surabaya is 30% bad.

Keywords: facilities, infrastructure, completeness, feasibility, laboratory, all SMKN Surabaya, building drawing techniques.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.