KELAYAKAN MEDIA MINIATUR PONDASI DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS X TGB DI SMK

MOCHAMAD GANJAR NUGRAHA, DJONI IRIANTO

Abstract


ABSTRAK

Mata pelajaran Konstruksi Bangunan merupakan salah satu mata pelajaran kejuruan di SMK yang kompleks karena dalam pelajaran tersebut mencangkup materi teori dan juga praktik, dan salah satu materi materi yang sulit dipahami oleh siswa adalah tentang pondasi. Siswa meras sulit memahami materi pelajaran tersebut dikarenakan media yang ada di sekolah hanya berupa gambar dua dimensi, bukan media berbentuk tiga dimensi yang dapat mendukung meningkatkan pengetahuan dan praktik siswa.

Pengambilan data dilakukan di SMKN 3 Surabaya dengan menggunakan bantuan Focus Group Discussion (FGD). Validator pada FGD terdiri dari 5 orang validator yaitu 2 dosen Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Surabaya ahli media dan materi, serta 3 orang guru SMK Negeri 3 Surabaya ahli media dan materi. Adapun penelitian ini dilaksanakan yaitu untuk mengetahui kelayakan media miniatur pondasi telapak dan perangkat pembelajaran pada mata pelajaran konstruksi bangunan

Hasil pada penelitian ini ditunjukkan dengan hasil validasi sebagai berikut: (1) Kelayakan perangkat pembelajaran silabus menunjukkan keseluruhan skor sebesar 80.00% dengan katagori layak, (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menunjukkan keseluruhan skor kelayakan sebesar 76,20% dengan katagori layak, (3) Materi pembelajaran menunjukkan keseluruhan skor kelayakan sebesar 76,60% dengan katagori layak, (4) Soal menunjukkan keseluruhan skor kelayakan sebesar 77,14% dengan katagori layak, (5) Kelayakan media miniatur menunjukkan skor sebesar 76,89% dengan katagori layak.

Kata Kunci : Konstruksi Bangunan, Media Pembelajaran Miniatur Pondasi Telapak, FGD, Kelayakan Media.




Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.