PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL 3 DIMENSI SKETCHUP PADA MATERI PELAJARAN MENGGAMBAR POTONGAN RUMAH SEDERHANA SATU LANTAI KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 3 SURABAYA

PRIYO NUR CAHYANTO, KRISNA DWI HANDAYANI

Abstract


Abstrak

Media visual 3 dimensi SketchUp merupakan sebuah program modelling yang dapat digunakan dalam sebuah bidang pembuatan objek 3 dimensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media visual 3 dimensi SketchUp dan mengetahui hasil belajar setelah menggunakan media visual 3 dimensi SketchUp pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak.

Desain penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Subyek penelitian menggunakan kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Surabaya. Instrumen yang digunakan adalah validasi media visual 3 dimensi dan tes hasil belajar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan Media Visual 3 Dimensi mendapatkan prosentase nilai sebesar 80,00% dengan kategori Layak. Hasil belajar siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan 1 SMK Negeri 3 Surabaya setelah menggunakan Media Visual 3 Dimensi pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak dengan materi pokok menggambar potongan rumah sederhana satu lantai, menunjukkan siswa tuntas belajar dengan nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 90,91%.

Kata Kunci : Media Visual 3 Dimensi SketchUp, Hasil Belajar, Research and Development.

Abstract

3-dimensional visual SketchUp media is a modeling program that can be used in a 3-dimensional object creation field. The purpose of this study is to determine the validity of visual media 3-dimensional SketchUp on drawing lesson with software and knowing learning outcomes after using visual media 3-dimensional SketchUp on lesson drawing with software.

Research design used is Research and Development method. The research use class XI Building Drawing Engineering SMK Negeri 3 Surabaya. The instrument used is 3-dimensional visual media validity and test of learning outcomes.

The results showed that the validity of 3-Dimensional Media Visual gets percentage value of 80.00% with valid category. Student learning outcomes of class XI Building Drawing Technique 1 SMK Negeri 3 Surabaya after using Visual Media 3 Dimension in drawing lesson with software of drawing simple one-story house, showing students learning outcomes with value above Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) amounted to 90.91%.

Keywords : Visual Media 3 Dimensions SketchUp, Research and Development.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.