PENERAPAN PENILAIAN PEER ASSESSMENT DENGAN MEDIA MAKET PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI KAYU KELAS XI TKY DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

OLIVIRA ISMI ALIM, NANIK ESTIDARSANI

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) keterlaksanaan proses penilaian peer assessment dengan media maket pada mata pelajaran teknologi konstruksi kayu kelas XI TKY di SMKN 1 Sidoarjo; (2) hasil belajar dari proses pelaksanaan penilaian peer assessment dengan media maket pada mata pelajaran teknologi konstruksi kayu kelas XI TKY di SMKN 1 Sidoarjo.

Desain penelitian ini adalah one shot case study. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar observasi pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah menganalisa keterlaksanaan pembelajaran peer assessment dalam kelompok dan antar kelompok menggunakan media maket. Penyekoran peer assessment dalam kelompok dilakukan dengan cara membagi siswa menjadi beberapa kelompk kecil yang terdiri dari 4 siswa dalam satu kelompok, kemudian siswa tersebut saling menilai. Penyekoran peer assessment antar kelompok dilakukan dengan cara memberikan penilaian pada kelompok yang sedang mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas berupa skor. Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pihak kanan.

Hasil penelitian ini adalah (1) pengamatan keterlaksanaan pembelajaran meningkat dilihat dari persentase rata-rata hasil pengamatan selama 3 (tiga) pertemuan adalah sebesar 81,85% dengan kategori sangat baik untuk pertemuan pertama, sebesar 82,22% dengan kategori sangat baik untuk pertemuan kedua dan 85,26% dengan kategori sangat baik untuk pertemuan ketiga. ; (2) nilai rata-rata hasil belajar 31 siswa sebesar 77,90 untuk XI TKY 1. Hasil uji t adalah thitung = 2,466 > ttabel = 1,679 (signifikan, α = 5%). Artinya, hasil belajar siswa kelas XI TKY SMKN 1 Sidoarjo pada mata pelajaran Teknologi Konstruksi Kayu melalui pelaksanaan model pembelajaran peer assessment menggunakan media maket dinyatakan tuntas dan berkriteria sangat baik.

Kata kunci : Peer Assessment, Media Maket, Hasil Belajar.

Abstract

The purpose of this study was to determine (1) the practicability of the peer assessment process by using mock-up media on wood construction technology subjects in class XI TKY at SMKN 1 Sidoarjo; (2) learning outcomes of the peer assessment process by using mock-up media on wood construction technology subjects in class XI TKY at SMKN 1 Sidoarjo.

The design of this study is one shot case study. The research instrument used was the validation sheet of learning device, observation sheet on the implementation of learning, and the test sheet of learning outcomes. The data analysis technique used was analyzing peer assessment learning implementation in groups and between groups using mock-up media. Group peer assessment is done by dividing students into several small groups consisting of 4 students in one group, then the students assess each other. Peer assessment evaluation between the group was done by giving an assessment to the group presenting the results of the discussion in front of the class in the form of score. Hypothesis testing was done by using the right-party t-test.

The results of this study are (1) from the observation of the learning achievement, can be obtained the percentage of observations during 3 (three) meetings which is 81.85% achieved very good categories for the first meeting, amounting to 82.22% obtained very good categories for the second meeting and 85.26% with very good categories for the third meeting, then there is an increase in each peer assessment learning implementation meeting; (2) the average value of 31 students learning outcomes is 77.90 for XI TKY 1. The result of the t test is t count = 2.466> t table = 1.679 (significant, α = 5%). Which means, the learning outcomes of XI TKY class of SMKN 1 Sidoarjo in the subject of Wood Construction Technology through the implementation of peer assessment learning model using a mock-up is declare complete and in very good criteria.

Keyword: Peer Assessment, Mock-up, Learning Outcomes.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.