PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT PERAGA DENGAN PEMBELAJARAN TANDUR PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS KONSTRUKSI BALOK SEDERHANA (SENDI DAN ROL) PADA KELAS TKBB DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

SONY ADI PURWANTO, SUPRAPTO

Abstract


ABSTRAK

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT PERAGA DENGAN PEMBELAJARAN TANDUR PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS KONSTRUKSI BALOK SEDERHANA (SENDI DAN ROL) PADA KELAS TKBB DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

Nama : Sony Adi Purwanto

NIM : 12050534224

Program : S-1

Jurusan : Pendidikan Teknik Bangunan

Fakultas : Teknik

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Suprapto, S.Pd., M.T.

SMK Negeri 2 Bojonegoro merupakan salah satu lembaga pendidikan kejuruan yang memiliki tugas untuk mempersiapkan dan menciptakan sumber daya manusia yang dapat besaing dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang serta mencetak tenaga kerja yang siap pakai sesuai dengan kompetensi progrem keahlian masing-masing. Dalam proses pembelajaran, mata kuliah mekanika teknik merupakan mata pelajaran yang sulit bagi siswa, hal ini di buktikan setelah penyebaran angket observasi dan 92 % siswa kurang paham dengan mata pelajaran tersebut. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menciptakan sebuah media alat peraga dan pembelajaran TANDUR yang mudah dipahami oleh siswa agar dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui kelayakan media, (2) Mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, (3) Mengetahui respon siswa terhadap media alat peraga dan pembelajaran TANDUR, (4) Mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah diterapkan media alat peraga dan pembelajaran TANDUR.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan ( Research and development ), tujuan Research and Development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) mencari potensi dan masalah (2) Melakukan pengumpulan data (3) Melakukan perancangan desain; (4) melakukan validasi desain; (5) melakukan revisi desain produk; (6) melakukan uji coba produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, kuesioner dan tes. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 61 siswa kelas X TKBB SMKN 2 Bojonegoro serta analisis perangkat pembelajaran meliputi Silabus, RPP, dan penggunaan media pembelajaran.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Hasil validasi untuk aspek kualitas media dan daya tarik pada hasil analisis diperoleh sebesar 93,33% yang termasuk dalam kategori sangat baik, yang berarti media ini sangat layak dalam memberikan suasana belajar baru kepada siswa, (2) Hasil Keterlaksanaan pembelajaran untuk tiap pertemuan ke-1 sampai ke-3 adalah 77,65%, 79,22% dan 83,14%, rata-rata dari tiap pertemuan sebesar 80% termasuk dalam kategori baik, (3) Hasil respon siswa setelah diterapkan media alat peraga dan pembelajaran TANDUR sebesar 83,91 % yang berarti bahwa respon siswa sangat baik terhadap media alat peraga dan pembelajaran TANDUR yang digunakan. (4) Hasil ketuntasan belajar siswa pada tiap pertemuan menunjukan 81,97 %, 88,52% dan 75,41, atau lebih dari 75% siswa tuntas.

Kata Kunci: Media Alat Peraga – TANDUR, Ketuntasan Belajar Siswa, Respon Siswa.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.