PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK NEGER 5 SURABAYA

Fandy Charisma Rezeki, SOEPARNO

Abstract


ABSTRAK

Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu pengetahuan dalam proses pembelajaran yang dilakukan berbagai jenjang. Berdasarkan hasil pengamatan di SMK Negeri 5 Surabaya masih terpusatnya guru untuk melaksanakan pembelajaran sehingga terjadi kejenuhan serta kurang optimalnya siswa memahami pada materi pembelajaran yang terkait dengan hasil belajar konstruksi bangunan kelas X KGSP I masi h di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran konstruksi bangunan, dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

Metode penelitaian ini, mengunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), prosedur penelitian siklus dan setiap siklus terdiri dari empat puluh; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar pengamatan guru dan lembar pengamatan siswa.

Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I aktivitas mengajar guru memperoleh nilai 77,60% aktivitas belajar siswa memperoleh nilai 76,56% dan hasil belajar siswa yang tuntas memperoleh nilai 45,71%, pada siklus II aktivitas mengajar guru memperoleh nilai 89,58 % aktivitas belajar siswa memperoleh nilai 89,06% dan hasil belajar siswa yang tuntas memperoleh nilai 82,86%. Dengan demikian hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaan tipe kooperatif dapat digunakan dan diterapkan untuk menigkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : Ketuntasan hasil belajar, tipe puzzle kooperatif.

ABSTRACT

Cooperative learning model is one of the knowledge in carrying out a learning process at various levels of school. Based on the results of observations at SMK Negeri 5 Surabaya the teacher is still centralized to carry out a learning so there is saturation and lack of optimal understanding of students in learning material that influences the learning outcomes of builind construction class X KGSP I is still under KKM. This study aims to improve the learning outcomes of building construction, by applying the jigsaw cooperative learning model.

This research method using the Class Action Reasearch method, the procedure is in the form of a cycle and each cycle consisting of four stages; planning, action, observation, and reflection. Techniques for collecting data through observation and test. The instruments used for data collection are teacher teahing observation sheets and student learning observation sheets.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas mengajar guru mencetak 77,60% kegiatan belajar siswa 76,56% dan hasil belajar siswa yang tuntas mendapat skor 45,71%, pada kegiatan mengajar siklus II guru mendapat nilai 89,58% aktivitas belajar siswa mendapat nilai 89,06% dan hasil belajar siswa yang tuntas mendapat skor 82,86%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat digunakan dan diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Kelengkapan hasil belajar, tipe kooperatif tipe jigsaw.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.