PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TIGA DIMENSI DAN TANPA MEDIA PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF KELAS XI TGB SMK NEGERI 3 SURABAYA

MOH. HOIF

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan tingkat hasil belajar antara siswa yang menggunakan media dengan siswa yang tidak menggunakan media gambar tiga dimensi pada mata pelajaran produktif pada siswa kelas XI TGB SMK Negeri 3 Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes untuk aspek kognitif dan psikomotor. Pengolahan data dilakukan dengan mengolah data hasil tes siswa menggunakan program SPSS versi 16. Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan media gambar tiga dimensi dengan kelas yang tidak menggunakan media gambar tiga dimensi pada mata pelajaran produktif siswa kelas XI TGB SMK Negeri 3 Surabaya. Perbedaan hasil belajar yang dicapai oleh siswa yang menggunakan media gambar tiga dimensi lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media gambar tiga dimensi pada mata pelajaran produktif kelas XI TGB SMK Negeri 3 Surabaya.


Kata Kunci: media gambar tiga dimensi, hasil belajar, mata pelajaran produktif.


 


Abstract


This research is to find the differences and the level of learning outcomes between students who use media with students who do not use three-dimensional images media in productive subject of students in class XI TGB SMK Negeri 3 Surabaya. This research is experimental research. Data collection is done by assigning the task to the cognitive and psychomotor aspects. Data processing is done by processing the data of student tasks with SPSS version 16. There are significant differences in learning outcomes between the classes that use images of three-dimensional media with a class that does not use images of three-dimensional media on productive subjects in XI TGB class SMK Negeri 3 Surabaya. The difference learning outcomes achieved by students who use the media three-dimensional image is higher than the learning outcomes of students who do not use images of three-dimensional media on productive subjects in XI TGB class SMK Negeri 3 Surabaya.


Keywords: three-dimensional images media, learning outcomes, productive subject


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.