PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER PADA KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN BAGIAN-BAGIAN BANGUNAN GEDUNG SISWA KELAS X TKK SMKN 3 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

SRI UMAMI

Abstract


Produk perangkat pembelajaran meliputi silabus, RPP, LKS, dan lembar penilaian di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung secara by design cenderung belum mengintegrasikan pendidikan karakter. Oleh karena itu, perlu dikembangkan perangkat pembelajaran yang dapat menumbuhkan dan melatihkan karakter siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui a) kelayakan perangkat pembelajaran berbasis karakter yang telah dikembangkan, b) keterlaksanaan proses pembelajaran pada penerapan perangkat pembelajaran berbasis karakter yang telah dikembangkan, dan c) tingkat keberhasilan belajar siswa dengan diterapkannya perangkat pembelajaran berbasis karakter tersebut


Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang terbatas pada tiga-D dari lima-D pengembangan yaitu define, design, demonstrate, develope, dan delivery (Cennamo & Kalk, 2005:6). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini sejumlah 27 siswa kelas X TKK SMKN 3 Boyolangu dan unit analisisnya meliputi perangkat pembelajaran yang terdiri atas silabus, RPP, LKS, LP, dan handout.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa a) perangkat pembelajaran berbasis karakter yang dikembangkan menunjukkan kriteria layak digunakan untuk proses pembelajaran, b) keterlaksanaan proses pembelajaran pada penerapan perangkat pembelajaran berbasis karakter baik pada kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, maupun kegiatan penutup pada pertemuan ke-1 hingga pertemuan ke-3 menunjukkan kriteria baik, dan c) tingkat keberhasilan belajar siswa pada ranah kognitif menunjukkan rata-rata ketuntasan belajar individu sebesar 83,8%; pada ranah psikomotor  rata-rata ketuntasan belajar individu sebesar 79,3%; pada ranah afektif untuk perilaku karakter kerjasama menunjukkan peningkatan sebesar 77,8% di pertemuan ke-2 dan 96,3% di pertemuan ke-3, perilaku karakter disiplin menunjukkan peningkatan sebesar 85,2% di pertemuan ke-2 dan 92,6% di pertemuan ke-3, perilaku karakter jujur menunjukkan peningkatan sebesar 81,5% di pertemuan ke-2 dan 89,3% di pertemuan ke-3.


Kata kunci: Pengembangan perangkat pembelajaran, berbasis karakter


Products learning device at 3rd Boyolangu state vocational school there are some important aspect like syllabis, lesson plans, worksheets, and assessment sheets that haven’t integrate the character education yet. Therefore, it’s necessary to improve the learning device which can grow and teach the student’s character. This study intend to know a) the properness of the learning device based on character which has been developed, b) the materialized of learning process in learning device application that has been develope too, and c) the success rate of student’s that apply the method of learning device based on character.


This study is an research and development (R&D) are limited to three-D of the five-D development that define, design, demonstrate, develope, and delivery (Cennamo & Kalk, 2005:6). The data collection techniques used are documentation, observation, and testing. The analysis technique used is descriptive quantitative. The subjects in this research were 27 students of 1st grade wooden construction technique of 3rd  Boyolangu State vocational school and analysis unit includes learning device there are some important aspect like syllabis, lesson plans, worksheets, assessment sheets, and handout.


The results of this study indicate that a) the learning device based on character of the basical competencies described that some of the building shows the possibility to use for learning process, b) the materialize of learning process on learning device based with character such as introduction, core activities, event the close activities at 1st meetings until the 3rd meeting shows the good criteria, c) the level of student’s successness that learned in the cognitive domains showed the average passing grade of 83.8%; the psychomotor domain showed an average passing grade of 79.3%; the affective domain for cooperative character behavior showed an increase of 77.8% in the 2nd meeting and 96.3% in the 3rd meeting, for disciplinary character showed an increase of 85.2% in the 2nd meeting and 92.6% in the 3rd meeting, for honest character behavior showed an increase of 81.5% in the 2nd meeting and by 89.3% in the 3rd meeting.


Keywords: Development of learning device, based on character


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.