PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF DAN LATIHAN TERBIMBING PADA KOMPETENSI DASAR MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

HAYADI AGUS MAWARDIANTO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran CD interaktif dan latihan terbimbing pada kompetensi dasar menggambar dengan perangkat lunak dan respon siswa terhadap penggunaan media CD interaktif. CD interaktif ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran yang efektif sehingga dapat membantu siswa dalam menggambar rumah tinggal dengan perangkat lunak.


Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan model pretest-posttest control group design. Sampel penelitian diambil pada Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Jenangan. Pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan media CD interaktif sedangkan pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan media CD interaktif dan latihan terbimbing. Hasil belajar siswa dianalisa menggunakan uji-t dan sign test untuk mengetahui hubungan antara kemampuan proses dan hasil kerja.


Hasil dari penelitian ini adalah penerapan media CD interaktif dan latihan terbimbing pada kelas eksperimen menghasilkan nilai rata-rata kelas lebih tinggi daripada penerapan media CD interaktif tanpa latihan terbimbing pada kelas kontrol. Analisis uji-t dengan taraf signifikansi α = 0,05 menghasilkan thitung > ttabel, sehingga hasil belajar siswa yang menggunakan media CD interaktif dan latihan terbimbing lebih baik daripada hasil belajar siswa tanpa latihan terbimbing. Hasil uji sign test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan  harga χ2hitung < χ2tabel, artinya secara statistik tidak terdapat perbedaan secara signifikan antara kemampuan proses dengan hasil kerja, baik pada kelas kontrol maupun pada kelas eksperimen. Hasil validasi media CD interaktif berdasarkan respon siswa menunjukkan prosentase kelayakan sebesar 83,86%, sehingga memiliki penilaian kualitatif sangat valid. Artinya media pembelajaran CD interaktif layak atau dapat dipergunakan sebagai media pembelajaran untuk kegiatan belajar mengajar berdasarkan respon siswa.


Kata Kunci : CD interaktif, latihan terbimbing, menggambar dengan perangkat lunak.


This study aims to determine the application of instructional media interactive CD and guided exercises in drawing basic competence with the software and the students' response to the use of an interactive CD media. This interactive CD is expected to be an effective learning media that can help students in homes with a drawing software.


Study is a model of experimental research with pretest-posttest control group. Samples were taken at Drawing Departement at Vocational High Schools 1 Jenangan. In the control class was treated with an interactive CD media while in the experimental class were treated to an interactive CD media and guided exercises. Student learning outcomes were analyzed using t-test and sign test to determine the relationship between process capability and work.


The results of this research is the implementation of an interactive CD media and guided exercises in class experiments resulted in the average value of a higher class than the application of interactive CD media without supervised exercise in the control class. Analysis of t-test with significance level α = 0.05 produces tcount > ttable, so that the learning outcomes of students using an interactive CD media and exercises guided better than students without learning outcomes guided exercises. Test results on the sign test and the control class class experiments show the price χ2count < χ2table, so that there is no statistically significant difference between the ability of the process to work, both in class and on the class of control experiments. The results of the validation media interactive CD based on student responses demonstrate the feasibility percentage of 83.86%, so it has a very valid qualitative assessment. That is worth learning media interactive CD or can be used as a medium of learning for teaching and learning activities based on student responses.


Keywords : CD interactive, guided exercises , drawing with the software.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.