KONTRIBUSI STATUS GIZI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA SEKOLAH DASAR (Siswa pada Siswa Perempuan Kelas V SDN Tempel Krian, Sidarjo)

MOCH. ROHMAN

Abstract


KONTRIBUSI STATUS GIZI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA SEKOLAH DASAR


(Siswa pada Siswa Perempuan Kelas V SDN Tempel Krian, Sidarjo)


 


 


Moch. Rohman


Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya


Moch44484@gmail.com


Anna Noordia


ABSTARK


Status gizi merupakan ukuran keberhasilan dalam pemenuhan nutrisi untuk anak yang diindikasikan oleh berat dan tinggi badan. Selain itu, status gizi merupakan status kesehatan yang dihasilkan dari keseimbangan antara kebutuhan dan masukan nutrisi. Kemampuan motorik kasar merupakan kemampuan beraktifitas dengan menggunakan otot-otot besar yang membutuhkan koordinasi bagian tubuh seperti mata, tangan dan aktifitas otot kaki dalam menyeimbangkan tubuh. Oleh karena itu kemampuan motorik kasar sangat penting dikuasai oleh seseorang anak.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi status gizi terhadap kemampuan motorik kasar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif karena menggambarkan keadaan status gizi terhadap kemampuan motorik kasar siswa. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu penelitian survei dengan teknik tes. Sampel penelitian yaitu seluruh siswa perempuan kelas V yang berjumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes antropometri yang meliputi tes tinggi badan dan berat badan. Selain itu, tes kemampuan motorik kasar yang meliputi tes lompat jauh tanpa awalan (kekuatan), lari zig-zag (kelincahan), lari 30 meter (kecepatan) dan tes lempar bola (ketepatan).


Hasil analisis data menggunakan bantuan program SPSS for windows 18.0 dapat diketahui bahwa bahwa nilai sig lebih besar dari alfa  yaitu  dan nilai korelasi status gizi terhadap kemampuan motorik kasar siswa . Serta kontribusi dan .  hal ini menunjukan bahwa kontribusi  sangat rendah terhadap kemampuan motorik kasar siswa perempuan sebesar 1.72%. dan  diperoleh nilai sebesar 2,41. Maka disimpulkan bahwa dengan melihat hasil analisis data. Ketika  ditolak maka   diterima yang artinya terdapat kontribusi status gizi terhadap kemampuan motorik kasar siswa kelas kelas V SDN Tempel Krian Sidoarjo.


Kata kunci: status gizi, kemampuan motorik kasar siswa


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.