HUBUNGAN PERSENTASE LEMAK TUBUH TERHADAP KEMAMPUAN VO2MAX PADA ATLET GULAT KOTA SURABAYA

NISFUL FITRA

Abstract


HUBUNGAN PERSENTASE LEMAK TUBUH TERHADAP KEMAMPUAN VO2MAX PADA ATLET GULAT KOTA SURABAYA
NISFUL FITRA
Anna Noordia
(Program Studi Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya)
nisfulfitra@gmail.com
ABSTRAK
Kemampuan VO2max merupakan ukuran kapasitas untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan saat melakukan aktivitas ketahanan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan persentase lemak tubuh terhadap kemampuan VO2max pada atlet gulat kota Surabaya, sasaran penelitian ini adalah Tim Gulat Kota Surabaya dengan jumlah sampel 10 orang. Jenis penelitian ini menggunakan korelasi product moment yaitu dengan mengkorelasikan antara persentase lemak tubuh terhadap kemampuan VO2max. Data hasil analisis berupa angka dianalisis menggunakan rumus statistika berupa hitungan hasil korelasi.
Hasil analisis yang didapat menunjukkan koefisien korelasi sebesar -0,762 dalam taraf signifikansi 5%. Untuk menguji keberartian koefisien korelasi tersebut menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh harga thitung = 4,417 dan ttabel dengan df = n - 2. Jadi df = 10 - 2 = 8. Dengan taraf kesalahan 5%, harga ttabel ditemukan = 3,355. Ternyata harga thitung lebih besar dari ttabel (4,417 > 3,56). Karena thitung > ttabel maka koefisien korelasi yang ditemukan adalah signifikan yaitu menunjukkan adanya hubungan persentase lemak tubuh terhadap kemampuan VO2max pada atlet gulat kota Surabaya.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu atlet yang memiliki persentase lemak tubuh rendah akan memiliki kemampuan VO2max yang tinggi dan sebaliknya atlet yang memiliki persentase lemak tubuh tinggi akan memiliki kemampuan VO2max yang rendah.
Kata kunci : persentase lemak, VO2max


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.