Analisis Gerakan Handspring Senam Artistik Dalam Perspektif Gerak Pada Biomekanik Olahraga

BARLIAN KUSUMA W

Abstract


Analisis Gerakan Handspring Senam Artistik


Dalam Perspektif Gerak Pada


Biomekanik Olahraga


 


Barlian Kusuma Wardana


 


ABSTRAK


Biomekanik olahraga merupakan ilmu yang mempelajari tentang gaya-gaya pada makhluk hidup baik internal maupun eksternal denganhukum-hukum mekanika pada saat melakukan olahraga.Handspring adalah salah satu elemen kunci dari gerakan akrobat yang menghubungkan gerakan lebih lanjut dengan unsur akrobatik lainnya pada senam. Biomekanik bertugas sebagai penjelas dari gerakan handspring.


Tujuan dari penelitian adalah untukmemperoleh hasil analisis dari vidio rekaman gerakan handspring. Analisis yang dilakukan disini meliputi pengelompokan kelas pengungkit pada sendi pada saat melakukan gerak dan jenis gerak otot, besar gaya berat dan gaya normal agar tetap pada posisi seimbang, besar energi potensial gravitasi saat posisi lenting diudara, dan letak pusat massa pada saat posisi lenting diudara.


Hasil penlitian menunjukan bahwa testee meiliki gaya total nol pada posisi berdiri sehingga dikatakan seimbang. Besar energi potensial gravitasi pada testee adalah 346,5 joule. Dengan cara the segmental method penentuan pusat massa berada pada koordinat 70,98 pada sumbu X dan 76,22 pada sumbu Y pada posisi lenting diudara.


 


Kata kunci : handspring,keseimbangan, gaya, pusat massa.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.