KONTRIBUSI KONSENTRASI TERHADAP KETERAMPILAN KETEPATAN SERVIS ATAS BOLAVOLI PADA PEMAIN PUTRI SMK NEGERI 1 KEMLAGI MOJOKERTO

IKA NOERJANNAH

Abstract


Dalam permainan bolavoli, ketepatan servis atas merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Untuk bisa melakukan servis dengan tepat, seorang pemain harus memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi. Namun pada kenyataannya, para pemain mengalami penurunan konsentrasi yang mengakibatkan servis tidak tepat sasaran. Sehingga peneliti dapat menarik sebuah rumusan masalah yaitu seberapa besar kontribusi konsentrasi terhadapa keterampilan ketepatan servis atas bolavoli pada pemain putri SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui besarnya kontribusi konsentrasi terhadap keterampilan ketepatan servis atas bolavoli.


Sampel penelitian ini adalah pemain bolavoli putri SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto yang berjumlah 12 pemain. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan pendekatan deskriptif analisis korelasi yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya kontribusi antara konsentrasi dengan keterampilan ketepatan servis atas bolavoli pada pemain putri SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto.


Berdasarkan perhitungan analisis data maka didapatkan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,811 > 0,708) yang berarti terdapat korelasi signifikan antara konsentrasi dengan ketepatan servis atas bolavoli. Besarnya kontribusi antara tingkat konsentrasi dengan keterampilan ketepatan servis atas bolavoli sebesar 65,7%.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.