ANALISIS TINGKAT KETERAMPILAN TEKNIK DASAR SEPAKBOLA ANTARA ATLET SSB PETROGRES, BIMA AMORA, DAN PUTRA ZODIAC USIA 11-12 TAHUN

MUCHAMMAD RIZKY FAJAR

Abstract


Merosotnya prestasi tim sepakbola nasional di kancah Internasional beberapa tahun terakhir adalah salah satu akibat lemahnya penguasaan teknik dasar bermain sepakbola yang dimiliki sebagaian besar pemain Indonesia, sementara uji coba di luar negeri tidak banyak membuahkan hasil.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar keterampilan teknik dasar sepakbola seperti, mengoper bawah, mengoper atas, menembak, melempar kedalam, menanduk, menggiring dan menimang pada SSB Petrogres, Bima Amora, dan Putra Zodiac usia 11-12 tahun. Sehingga dapat bermanfaat untuk memberikan gambaran yang sebenarnya mengenai keterampilan teknik dasar sepakbola pada pemain SSB Petrogres, Bima Amora, dan Putra Zodiac usia 11-12 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 pemain dari masing-masing SSB.


Temuan penelitian yang didasarkan pada hasil tes secara keseluruhan sebagai berikut : SSB Petrogres mempunyai jumlah skor rata-rata 474,5 dan masuk dalam kategori sedang, SSB Bima Amora mempunyai jumlah skor rata-rata 470,4 dan masuk dalam kategori kurang, sedangkan dengan SSB Putra Zodiac mempunyai jumlah skor rata-rata 475,7 dan masuk dalam kategori sedang.


Kata Kunci : Sepakbola, Keterampilan Teknik Dasar Sepakbola Usia Dini


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.