MINAT SISWA UNTUK MENGIKUTI EKSTRAKULIKULER TAE KWON DO(Studi Pada SMPN 40 Surabaya Perum Bangkingan)

RONI IRAWAN NUGRAHA

Abstract


Permasalahan yang dialami siswa belum bisa maksimal untuk meraih prestasi dalam ekstrakurikuler taewondo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Tae Kwon Do di SMPN 40 Surabaya.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII, VIII dan IX yang mengikuti ekstrakurikuler Tae Kwon Do di SMPN 40 Surabaya sebanyak 63siswa. Dengan menggunakan instrument angket, analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase.


Berdasarkan hasil penelitian diketahui minat siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Tae Kwon Do di SMPN 40 Surabaya dalam kategori “Tinggi” dengan nilai persentase sebesar 72,6%. Dari 63 responden kategori persentase dari setiap individu yaitu kategori “Sangat Rendah” sebanyak 0 siswa, kategori “Rendah” sebanyak 0 siswa, kategori “Sedang” sebanyak 18 siswa, kategori “Tinggi” sebanyak 34 siswa dan kategori “Sangat Tinggi” sebanyak 11 siswa. Dalam hal ini diartikan bahwa siswa SMPN 40 Surabaya memiliki minat untuk mengikuti ekstrakurikuler Tae Kwon Do. Adanya minat yang tinggi pada individu akan menjadikan dorongan untuk mengoptimalkan potensi diri dan mencapai prestasi yang membawa nama baik sekolah.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.