TINGKAT KECEMASAN ATLET BOLAVOLI PUTRA SURABAYA PADA KEJUARAAN LIGA REMAJA TINGKAT JAWA TIMUR TAHUN 2016

ADAM RACHMAD

Abstract


Dalam dunia olahraga ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesiapan atlet saat menjelang pertandingan. Misalnya faktor fisik, teknik, taktik, mental. Dari segi psikologi seperti tingkat kecemasaan sangat pentinguntuk diperhatikan kondisinya karena akan menurunkan tingkat kosentrasi baik sebelum dan saat pertandingan.


Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggambarkan tingkat kecemasaan atlet Tim Bolavoli Putra Kota Surabaya pada pertandingan Kejuaraan Liga Remaja Tingkat Jawa Timur Tahun 2016.


Penelitian ini menggunakan rancangan metode deskriptif Alasan penggunaan tersebut disebabkan penelitian ini bertujuan menggambarkan kondisi tingkat kecemasaan yang sedang diteliti yaiti tingkat kecemasaan Tim bolavoli Putra Kota Surabaya pada pertandingan kejuaaraan Liga Remaja Tingkat Jawa Timur Tahun 2016.


Subyek dalam penelitian ini adalah semua atlet Tim bolavoli putra Kota Surabaya. Penelitian Ini hanya memfokuskan pada tingkat kecemasaan atlet Tim bolavoli putra Kota Surabaya pada pertandingan kejuaaran liga remaja tingkat Jawa timur Tahun 2016. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuisioner menggunakan angket. Sedangkan teknik penganalisaan data yang digunakan yaitu hasil pengisian angket dijumlahkan dan hasil yang telah dijumblahkan nantinya akan dikategorikan dengan tingka kecemasaan atlet ringan, sedang, dan tinggi.


Dari Hasil pengisian angketdiketahui bahwa 4 atlet Tim putra kota Surabaya memiliki tingkat kecemasaan dalam kategori rendah dan sebanyak 8 atlet Tim putra kota Surabayamempunyai tingkat kecemasaan dalam kategori sedang(rata-rata) .


Pengkuran tingkat kecemasaan atlet tim putra kota Surabaya memiliki kategori tingkat kecemasaan atlet yang tidak telalu tinggi.tinggi rendah tingkat kecemasaan dipengaruhi oleh karateristik masing-masing atlet.dapat disimpulkan bahwa 12 atlet tim bolavoli putra kota Surabaya mengalami tingkat kecemasaan sedang/rata-rata untuk menghadapi kejuaraan liga remaja tingkat jawatimur tahun 2016.


Kunci: Tingkat Kecemasaan Atlet Bolavoli.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.