Jurnal Kesehatan Olahraga | Vol 4, No 3, (2016)

Tingkat Pemahaman Pemain Sepak Bola Usia 19 Tahun terhadap Peraturan Sepak Bola Tahun 2014/2015 (Studi Kasus pada Pemain Liga Internal Usia 19 Klub Sepak Bola di Kabupaten Sampang)

RAHMAN WAHID,

Abstract

Sepakbolamerupakanolahraga paling popular di dunia, tujuan utama permainan sepakbola memasukkan bola kegawang lawan, akan tetapi di setiap pertandingan sepakbola masih ada pemain yang memprotes keras keputusan wasit bahkan sampai memukul wasit, ini dikarenakan tingkat pemahaman pemain yang masih rendah atau kurang, sehingga pemain mudah melakukan protes.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman pemain sepakbola usia 19 tahun terhadap peraturan sepakbola di kabupaten Sampang. Sasaran penelitian adalah pemain usia 19 tahun dari empat klub di kabupaten Sampang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana penelitian ini menggunakan angka-angka yang dijumlahkan sebagai data, sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan pengisian angket.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tingkat pemahaman pemain usia 19 tahun terhadap peraturan sepakbola di kabupaten Sampang dikategorikan cukup baik dengan persentase skor 62,5%. Dengan skor tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat pemahaman pemain terhadap peraturan sepakbola maka pertandingan di dalam lapangan akan menjadi indah dan bagus untuk dilihat tanpa protes yang berebihan terhadap wasit.

Kata Kunci: Pemahaman peraturan sepakbola dan Sepakbola,


Full TEXT