ANALISIS DESKRIPTIF KONDISI FISIK PEMAIN SEPAKBOLA SSB TUNAS JAYA SIDOARJO

RONY SULASMONO

Abstract


SSB Tunas Jaya merupakan suatu klub yang berada di daerah Sidoarjo. klub ini memiliki beberapa prestasi yang cukup membanggakan. Sejak 8 tahun berdirinya, klub ini sudah menjadi kekuatan baru dalam pembinaan sepakbola di Sidoarjo. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk Meng-analisis tingkat kondisi fisik pemain SSB Tunas Jaya senior.


Dalam penelitian ini peneliti menggunakan populasi sample yang berjumlah 20 pemain yang masih bergabung dan berlatih secara kontinyu bersama SSB Tunas Jaya sejak mereka mendapatkan prestasi. Untuk memperoleh data yang sesuai maka dalam penelitian ini menggunakan metode tes, jenis tes kondisi fisik yang digunakan adalah : TLT 45 Cm 30, Sprint 35 m, tes kelentukan otot punggung,Tes lari model Z, Tes lari cepat Anaerobik.


Berdasarkan hasil penelitian menggunakan perhitungan Deskriptif persentase diketahui bahwa kondisi fisik secara keseluruhan pemain SSB Tunas Jaya senior 95%pemain dalam kategori Cukup dan 5% dalam kategori Kurang. Nilai terbesar yang diperoleh adalah 239 sedangkan terkecil 201 dengan nilai rata-rata 228,7.


Kata Kunci: Analisis, Kondisi Fisik, Pemain SSB Tunas Jaya senior.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.