HUBUNGAN KEMAMPUAN LOMPAT TEGAK PADA KEMAMPUAN TENDANGAN DEPAN PADA PENCAK SILAT TAPAK SUCI PRA REMAJA USIA 12-14 TAHUN CABANG GRESIK

NUR WINDI AISYAH

Abstract


Tendangan depanyakni tendangan yang menggunakan ujung kaki dengan tungkai lurus. Tendangan ini mengarah ke depan pada sasaran dengan meluruskan tungkai sampai ujung kaki. Bagian kaki yang kena saat menendang adalah pangkal bagian dalam jari-jari kaki.Posisi badan menghadap ke sasaran. Menurut Yunita (2010:17) “Tendangan depan merupakan salah satu jenis tendangan yang banyak digunakan untuk melakukan serangan dalam pencak silat”. Tendangan depan lebih mudah mengenai sasaran, karena lintasannya lurus ke depan dan perkenaannya pada ujung telapak kaki, sehingga tendangan depan dapat bergerak cepat dan sulit ditangkap lawan. Gerakan tendangan depan merupakan gerakan frontal atau depan, merupakan bentuk serangan yang cukup efektif untuk memperoleh nilai atau point dalam pencak silat.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kemampuan lompat tegak (X) terhadap kemampuan tendangan depan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptifkorelasional. Data dikumpulkan denganmenggunakan teknik tes pada sampel. Tes lompat tegak (X) dan tes tendangan depan (Y) dengan menendang sansak (sasaran). Dimana hasil pengukuran tes tendangan depan selanjutnya dipaparkan menggunakan bantuan Software Dartfish untuk mengetahui kecepatan tendangan depan. Tes digunakan untuk memperoleh data kuantitatif tentang kontribusi lompat tegak terhadap kemampuan tendangan depanyang dilakukan atlet putra pencak silat tapak suci.


Berdasarkan hasil penelitian di atas diperoleh hasil kontribusi terbesaryaitukemampuan lompat tegak terhadap kemampuan tendangan depan yaitu sebesar 96,805%. Hasil korelasi menunjukkan memiliki nilai rhitung> rtabel dengan signifikan α = 0,01 (taraf kepercayaan 99%) yang berarti pada penelitian ini variabel kemampuan lompat tegak memiliki kontribusi yang sangat signifikan terhadap kemampuan tendangan depan. Hal ini menunjukkan bahwa variabel bebas tersebut (kemampuan lompat tegak) sangat berpengaruh dalam melakukan tendangan depan mengingat hubungan korelasi yang menyatakan sangat kuat.


Kata kunci : Kemampuan Tendangan depan,Kontribusi Lompat tegak


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.