KOMPETENSI ORIENTASI PELAYANAN PERSONAL TRAINER ATLAS SPORTS CLUB SURABAYA

ERIC SOEBARI

Abstract


Industri kebugaran semakin berkembang, ini dibuktikan dengan semakin banyaknya pusat kebugaran bermunculan. Hal itu menunjukan indicator bahwa masyarakat mulai sadar akan pentingnya kesehatan dan kebugaran namun belum memiliki pengetahuan tentang latihan beban yang baik dan benar. Jasa personal trainer disiapkan manajemen Atlas Sports Club Surabaya untuk menjadi solusi. Namun, dari 3000 member hanya 402 member yang memilih menjadi clientpersonal trainer. Banyak faktor yang menjadikan hal tersebut terjadi. Karena personal trainer adalah produk jasa maka faktor utama adalah faktor kompetensi pelayanan dari personal trainer itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi personal trainer Atlas Sports Club dalam melakukan pelayanan kepada client. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah human instrument, checklist, dan pedoman wawancara. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi orientasi pelayanan personal trainer Atlas Sports Club Surabaya memenuhi standar 5 dimensi pelayanan, yang dimana semua personal trainer Atlas Sports Club berkompetensi karena sudah memiliki sertifikat personal trainer tingkat nasional. Namun dari kesemuanya, personal trainer TW adalah personal trainer paling berkompeten di Atlas Sports Club Surabaya.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.