TINGKAT KEPUASAN MEMBERS FITNESS TERHADAP PELAYANAN DI TEMPAT KEBUGARAN BALAI KESEHATAN OLAHRAGA DAN PUSAT INFORMASI PENCEGAHAN PENYAKIT METABOLIK (BKOR-PIPPM) KABUPATEN LUMAJANG

MOHAMAD FAKHRI AFRIANSYAH

Abstract


Kualitas pelayanan merupakan bagian utama dari strategi perusahaan untuk mendapatkan keunggulan. Balai Kesehatan Olahraga dan Pusat Informasi Pencegahan Penyakit Metabolik (BKOR-PIPPM) Kabupaten Lumajang memiliki fitness center yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Lumajang untuk melakukan aktivitas olahraga. Dengan semakin besarnya persaingan tempat kebugaran di Kabupaten Lumajang membuat peneliti menganggap perlu diadakan penelitian tentang tingkat kepuasan members fitness terhadap pelayanan di BKOR-PIPPM. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan members fitness di Balai Kesehatan Olahraga dan Pusat Informasi Pencegahan Penyakit Metabolik (BKOR-PIPPM) Kabupaten Lumajang.


Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yaitu mengumpulkan data sebanyak-banyaknya mengenai faktor-faktor yang diteliti untuk dicari kebenarannya, sasaran penelitian adalah members fitness yang aktif berlatih dengan jumlah 25 orang. Sedangkan proses pengambilan data menggunakan instrumen observasi, wawancara dan angket penelitian tentang tingkat kepuasan pelayanan yang sudah divalidasi.


Berdasarkan analisis data diperoleh nilai pada masing-masing dimensi kualitas pelayanan sebagai berikut: dimensi Bukti Langsung (Tangibless) sebesar 85% yang berarti sangat memuaskan, dimensi Kehandalan (Reliability) sebesar 83,6% yang berarti sangat memuaskan, dimensi Daya Tanggap (Responsiveness) sebesar 81,6% yang berarti sangat memuaskan, dimensi Jaminan (Assurance) sebesar 83,8% yang berarti sangat memuaskan, dan dimensi Empati (Empathy) sebesar 81,4% yang berarti sangat memuaskan. Sehingga dapat diketahui secara keseluruhan bahwa tingkat persentase kepuasan members fitness di Balai Kesehatan Olahraga dan Pusat Informasi Pencegahan Penyakit Metabolik (BKOR-PIPPM) Kabupaten Lumajang sebesar 83,08% yang berarti sangat memuaskan.


Kata Kunci : Fitness center, Kualitas Pelayanan, Kepuasan.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.