MOTIVASI BERPRESTASI SISWA UNTUK MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER FUTSAL(Studi pada siswa putra SMP Negeri 11 Surabaya)

ARI WISNU WARDANA

Abstract


Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua regu, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Olahraga ini membentuk seorang pemain agar selalu siap menerima dan mengumpan bola dengan cepat dalam tekanan pemain lawan. Di SMP Negeri 11 merupakan salah satu SMP di Surabaya yang memiliki ekstrakurikuler futsal dengan peminat 35 siswa. dilihat dari segi pembinaan atau pelatih serta sarana dan prasarana yang tersedia ekstrakurikuler ini cukup menunjang. Oleh karenanya peneliti ingin melakukan penelitian dengan judul motivasi berprestasi (tingkat kedisiplinan) siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal (studi pada siswa SMP Negeri 11 Surabaya).


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi berprestasi (tingkat kedisiplinan) dalam mengikuti ekstrakurikuler futsal. Metode pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan berupa angket tertutup yang diberikan kepada semua siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler.


Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan untuk menjawab rumusan masalah, diperoleh hasil perhitungan rata-rata persentase dari setiap indikator. Indikator tekun memperoleh hasil 87,5 dalam kategori sangat tinggi, indikator feed back / melakukan evaluasi 83,2 dalam kategori sangat tinggi, indikator inovatif-kreatif 82,8 dalam kategori sangat tinggi, indikator bertanggung jawab 77,2 dalam kategori tinggi dan untuk indikator pemilihan tugas yang menantang 74,25% dalam kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa total rata-rata dari semua indikator memperoleh 80,99, ini menunjukkan bahwa motivasi berprestasi (tingkat kedisiplinan) pada siswa ekstrakurikuler futsal SMP Negeri 11 Surabaya dalam kategori tinggi.


Kata Kunci: Motivasi, Berprestasi, Futsal


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.