PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN HALF SQUAT JUMPDENGAN TEMPO CEPAT DAN TEMPO LAMBAT TERHADAP DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI (Studi Pada Siswa Laki-Laki SMA Negeri 21 Surabaya)

BINTI IDA UMAYA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pengaruh latihan half squat jump tempo cepat dan half squat jump tempo lambat terhadap daya ledak (power) otot tungkai. Daya ledak (power) merupakan salah satu kondisi fisik yang sangat penting dan diperlukan oleh hampir seluruh cabang olahraga yang bergerak dinamis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan metode pretest-posttest, dan untuk mengukur power otot tungkai menggunakan tes Standing Broad Jump. Sampel penelitian ini adalah 20 siswa laki-laki SMA NEGERI 21 Surabaya.


Teknik analisis data menggunakan program SPSS 22.0 forwindows. Dan berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh, hasil daya ledak otot tungkai dengan latihan half squat jump tempo cepat memiliki rata-rata 230,88 watt, sedangkan hasil daya ledak otot tungkai dengan latihan half squat jump tempo lambat memiliki rata-rata 217,8 watt. Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi (α) = 0,05, maka diperoleh nilai T-testnya adalah 0,534 dengan p-value sebesar 0,6. Karena nilai 0,6 lebih besar dari 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak.


Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara latihan half squat jump tempo cepat dan latihan half squat jump tempo lambat terhadap hasil power otot tungkai (studi pada siswa laki-laki SMA NEGERI 21 Surabaya).


Kata kunci : Half Squat Jump, Tempo Cepat dan Tempo Lambat, Daya ledak (power) otot tungkai


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.