HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KETEPATAN SHOOTING FREE THROW BOLABASKET PADA TIM PUTRI BOLABASKET SMP NEGERI 2 MADIUN

TARA RHISKITA C.B

Abstract


Bolabasket merupakan cabang olahraga yang banyak diminati di masyarakat, dan hal terpenting menentukan kemenangan dalam permainan bolabasket dengan mencetak poin, salah satunya dengan melakukan shooting free throw. Menurut Perbasi, (2010: 51) free throw adalah kesempatan yang diberikan kepada seorang pemain untuk mencetak satu (1) angka, tidak dijaga, dari posisi di belakang garis free throw dan di dalam setengah lingkaran, sedangkan saat melakukan free throw dibutuhkan mental yang bagus agar bola masuk tepat sasaran, dalam hal ini apabila pemain mengalami kecemasan maka tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal (Gunarsa,1989:147).


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan dengan ketepatan shooting free throw bolabasket pada tim putri bolabasket SMP Negeri 2 Madiun. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian menggunakan populasi yaitu seluruh tim putri bolabasket SMP Negeri 2 Madiun yang berjumlahkan 12 pemain.


Berdasarkan analisis data maka didapatkan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,592 > 0,576) yang berati terdapat korelasi atau hubungan signifikan antara kecemasan dengan ketepatan shooting free throw bolabasket. Besarnya hubungan antara kecemasan dengan ketepatan shooting free throw bolabasket pada tim putri smp negeri 2 madiun sebesar 35%.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.