ANALISIS SWOT PEMBINAAN PRESTASI DI SEABLESS FUTSAL KLUB KABUPATEN BLITAR

MOCHAMMAD ZAINIR T S

Abstract


Pembinaan merupakan faktor yang berperan penting dalam dunia olahraga khususnya futsal, pembinaan futsal perlu dilakukan sedini mungkin melalui pencarian dan pemanduan bakat, pembibitan, pendidikan dan pelatihan olahraga yang didasarkan pada ilmu pengetahuan dan teknologi secara efektif dan efisien, karena berkembang tidaknya dunia olahraga itu sendiri. SeaBless Futsal Klub di Kabupaten Blitar adalah salah satu wadah yang digunakan sebagai sarana pembinaan dan pengembangan bakat pada cabang olahraga Futsal, tujuannya adalah membantu pemain meraih prestasi puncak. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis strenght(kekuatan), weakness(kelemahan), opportunity(peluang), threats(ancaman).


Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah SWOT (strength, weakness, opportunity, threat). Sumber data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dengan pengurus SeaBless Futsal Klub, pelatih, atlet Futsal di SeaBless Futsal Klub yang berprestasi U-21, dan orang tua wali dari atlet Futsal di SeaBless Futsal Klub. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) wawancara (2) observasi (3) dokumentasi.


Hasil penelitian dapat diketahui, (1) kekuatan (strength) meliputi: manajemen yang baik sesuai job diskripsi, pelatih berlisensi atau bersertifikat, motivasi dan dukungan, atlet berbakat dan berprestasi, pembibitan, hubungan antara pengurus, pelatih, pemain, dan orang tua, (2) kelemahan (weakness) meliputi: sarana dan prasarana masih kurang, sumber dana, kebijakan manajemen terhadap pengurus, pelatih, pemain, (3) peluang (opportunity) meliputi: menjadi refrensi bagi tim futsal lain untuk proses pembinaan, mampu menghasilkan pemain bagus secara fisik, mental maupun skill, meraih prestasi lebih baik lagi dan pemain memiliki jam terbang tinggi, dengan prestasi yang baik dapat menambah banyak dana tambahan dari bebagai sponsor, (4) ancaman (threats) meliputi: terjadi kecemburuan dari tim-tim futsal lain akibat banyak pemain yang bergabung dengan SeaBless Futsal Klub.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.