KONTRIBUSI POWER DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI DENGAN JAUHNYA TENDANGAN (LONG PASSING) DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SSB PSP JEMBER U-15

GHANY WILDA SANY AMRULLAH

Abstract


Abstrak


Sepakbola merupakan permainan olah raga atau olahraga permainan yang memasyarakat, dikenali sejak zaman dahulu sampai sekarang. Untuk menjadi seorang pemain sepakbola yang baik dan handal, seorang harus memiliki kekuatan, keuletan, kecepatan, kelincahan, kelenturan, dan daya tahan yang prima. Menendang bola merupakan teknik dengan bola yang paling banyak dilakukan dalam permainan sepakbola. Seorang pemain yang tidak menguasai teknik menendang bola dengan baik, tidak akan mungkin menjadi pemain yang baik. Dalam aktivitas olahraga, kekuatan otot merupakan unsur penting untuk menggerakkan organ-organ tubuh. Tanpa kekuatan otot yang besar, tidak akan tercapai prestasi yang maksimal. Berkaitan dengan hal tersebut diatas, maka peneliti ingin mencoba mengkaji tentang ’’kontribusi power dan kekuatan otot tungkai dengan jauhnya tendangan (long passing) dalam permainan sepakbola pada SSB PSP Jember U-15’’. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian non-eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif.


Bentuk sederhana dari penelitian ini adalah hubungan antara tiga variabel, Karena dalam  penelitian ini penulis ingin mengkaji kontribusi power dan kekuatan otot tungkai dengan jauhnya tendangan (long passing) dalam permainan sepak bola pada SSB PSP Jember U-15. Untuk mendapatkan data yang diperlukan, metode pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes, yaitu tes power dengan menggunakan standing board jump kekuatan otot tungkai dengan menggunakan tes rope jump, dengan jauhnya menendang yaitu dengan melakukan tes long passing.


Berdasarkan analisa perhitungan yang dilakukan menggunakan perhitungan manual dan menggunakan perhitungan dengan program computer SPSS (Statistical Package for the Social Science) 21, dapat diketahui bahwa Kecilnya kontribusi power terhadap jauhnya menendang bola (long passing). Hal ini ditunjukan dari hasil perhitungan analisis data dengan menggunakan korelasi ganda dengan menggunakan tabel distribusi F yang menunjukkan bahwa F-hitung lebih kecil dari F-tabel (0,0014 < 3,68),yang ke dua yaitu Kecilnya kontribusi kekuatan otot tungkai dengan jauhnya  tendangan, Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan analisis data dengan menggunakan korelasi ganda dengan menggunakan tabel distribusi F yang menunjukkan bahwa F-hitung lebih kecil daripada F tabel yaitu (0,0014 < 3,68). Kecilnya kontribusi kekuatan otot tungkai dengan jauhnya tendangan pada pemain SSB PSP Jember U-15 yaitu sebesar 0,0081%. Dengan mengetahui hasil tersebut dapat disimpulkan tidak ada kontribusi yang signifikan antara power dan kekuatan otot tungkai dengan ketepatan menendang bola (long passing) pada pemain SSB PSP Jember U-15.
Kata kunci: Power,Kekuatan Otot Tungkai,Jauhnya Tendangan (long passing)


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.