Pengaruh Latihan Skipping Terhadap Hasil Lompat Tegak Pada Siswa SMAN 1 Sangkapura Bawean Gresik

LENDRA ASYURA FAHMI

Abstract


Abstrak


Latihan adalah proses kegiatan yang sistematis yang dilakukan secara berulang-ulang dengan menambah beban latihan setiap harinya untuk mencapai tujuan tertentu. Latihan mempunyai peran penting dalam dunia olahraga terutama untuk meningkatkan kualitas pemain khususnya pemain inti dari tim bolavoli putra SMAN 1 Sangkapura Bawean-Gresik. Salah satu bentuk latihanya adalah latihan skipping untuk meningkatkan lompat tegak.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan skipping terhadap hasil lompat tegak Siswa SMAN 1 Sangkapura Bawean-Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan populasi, dalam rencana penelitian ini subjek populasi yang akan digunakan adalah seluruh pemain inti dari tim bolavoli putra SMAN 1 Sangkapura Bawean-Gresik yang berjumlah 12 siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan “One Group Pre-test dan Post-test Design” karena hanya ada satu kelompok dalam penelitian ini. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu deskripsi data dan uji Wilcoxon.


Hasil penelitian diketahui melalui deskripsi data bahwa siswa mengalami peningkatan sebesar 3,23%. Nilai rata-rata pada pretest adalah 61,83; standart deviasi 7,35; varians 54,14; nilai tertinggi 72; dan nilai terendah 47. Nilai pada posttest adalah 63,83; standart deviasi 7,60; varians 57,77; nilai tertinggi 75; dan nilai terendah 50. Hasil pada uji Wilcoxon dengan taraf signifikan 0,05 =11 diperoleh nilai = 0. Maka (0) (11) yang berarti : diterima.


Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa latihan skipping mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil lompat tegak pada pemain inti dari tim bolavoli putra SMAN 1 Sangkapura BAWEAN-GRESIK.


Kata kunci : Latihan, Skipping, Lompat Tegak, Tinggi Lompatan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.