KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT LENGAN TERHADAP KETEPATAN TEMBAKAN 3 POIN PADA TIM BOLABASKET PUTRA SMA KATOLIK SANTA AGNES SURABAYA

MUHAMMAD ZAHRONY

Abstract


Abstrak


Permainan bola basket saat ini banyak digemari oleh semua kalangan. Bolabasket adalah olahraga yang menggunakan kemampuan fisik, tekhnik, dan taktik yang bervariasi. Kemampuan fisik dan teknik yang dimaksud adalah kekuatan otot lengan dan teknik shooting, terutama shooting 3 poin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kekuatan otot lengan terhadap ketepatan tembakan 3 poin pada tim bolabasket putra SMA katolik Santa Agnes Surabaya, dengan jumlah sampel 12 anak. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode statistik kuantitatif deskriptif korelasi.


Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, bahwa terdapat kontribusi yang cukup kuat pada kekuatan otot lengan terhadap ketepatan tembakan 3 poin pada tim bolabasket putra SMA katolik Santa Agnes Surabaya. Dengan mean variabel X = 413,3, standar deviasi sebesar 61,838, dengan nilai terendah 344 dan tertinggi 498. Sedangkan rata-rata (mean) ketepatan tembakan 3 poin (variabel y) yaitu 1,833, standar deviasi 1,527, dengan nilai terendah 0 dan nilai tertinggi 4. Korelasi product moment (r) adalah 0,613, yang berarti terdapat kontribusi antara kekuatan otot lengan dengan ketepatan tembakan 3 poin pada tim bolabasket putra SMA katolik Santa Agnes Surabaya. Dan besarnya prosentase kontribusi kekuatan otot lengan terhadap ketepatan tembakan 3 poin pada tim bolabasket putra SMA Katolik Santa Agnes Surabaya dari perhitungan koefisien determinasi sebesar 37,5%.


Kata Kunci : Bolabasket, Kekuatan Otot Lengan, Ketepatan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.